Enam Daerah Dikaji untuk Pembangunan Pelabuhan

Enam Daerah Dikaji untuk Pembangunan Pelabuhan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla menyatakan sedang mengkaji enam daerah yang akan digunakan untuk lokasi pembangunan pelabuhan khusus di Jawa Barat, salah satunya di Cilamaya, Kabupaten Karawang, walaupun pembangunannya digagalkan.

"Nanti diumumkan, hasil studi atau kajiannya, kalau diumumkan sekarang akan naik (harga tanah) di situ," kata M Jusuf Kalla di Gedung Sate Bandung, Senin (13/4/2015).

Ia menuturkan bahwa kajian tersebut dilakukan terkait pembatalan pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Kabupaten Karawang.

"Minggu-minggu ini mulai disurvei kembali, ke arah timur, saya ingin jelaskan dari enam opsi, dulu sejak survei yang lama memang ada enam daerah yang bisa jadi pelabuhan khusus, di Jawa Barat," kata dia.

Ke depannya, kata dia, pelabuhan tersebut akan digunakan untuk melayani industri yang berkembang dimulai dari Bekasi, Karawang dan Subang.

"Jadi kita survei lokasi yang terdekat, insya Allah akan segera dimulai," kata dia.

Kepastian pembatalan pembangunan Pelabuhan Cilamaya tersebut disampaikan Wapres Jusuf Kalla setelah melakukan rapat membahas keputusan tersebut di Kantor Kepala Desa Tanjungjaya, Karawang, Jawa Barat.

Saat itu, Wapres JK didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

Selain itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Plt. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Wapres Kalla mengatakan bahwa pemindahan rencana daerah untuk pembangunan pelabuhan tersebut untuk mengutamakan keamanan kapal yang singgah dan produksi minyak dan gas dari sejumlah anjungan Pertamina tidak terganggu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,