Ratusan Siswa Harus Berenang untuk Sampai ke Sekolah

Ratusan Siswa Harus Berenang untuk Sampai ke Sekolah

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Ratusan siswa usia sekolah terpaksa berenang untuk sampai ke sekolah karena jembatan yang menghubungkan kampung mereka dengan lokasi sekolah di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jabar, tidak kunjung diperbaiki.

Jembatan gantung yang membentang di Kampung Leuwi Haur tersebut, ambruk beberapa waktu lalu setelah dihantam air bah akibat meluapnya Sungai Cidamar. Jembatan tersebut merupakan akses utama warga untuk melakukan aktivitas, terutama siswa usia sekolah.

"Sejak jembatan ini putus, aktivitas warga terhambat terutama anak usia sekolah. Bahkan untuk melakukan aktivitas anak usia sekolah terpaksa menyeberangi sungai dengan cara berenang karena tidak ada jalan lain," kata Kepala Desa Kertajadi, Ade Yuliansyah, saat dihubungi melalui telepon selular, Senin (13/4/2015).

Dia menuturkan, sejak jembatan tersebut ambruk terbawa arus, pihaknya langsung membuat laporan dan mengajukan perbaikan jembatan karena merupakan akses utama satu-satunya yang menghubungkan kampung tersebut dengan pusat kecamatan.

Bahkan pengajuan perbaikan telah disampaikan secara langsung dalam rapat musyawarah rencana pembangunan di Kecamatan Cidaun beberapa waktu lalu, agar segera ditindaklanjuti dinas terkait di Pemkab Cianjur.

"Namun hingga saat ini, belum mendapat tanggapan serius dari Pemkab. Sedangkan kami khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan, ketika musim penghujan seperti ini, anak-anak usia sekolah pergi dan pulang dengan cara berenang menyeberang sungai," katanya.

Dia menambahkan, ketika hujan turun deras, pihaknya mengimbau warga dan anak usia sekolah untuk tidak melakukan aktivitas karena arus sungai sangat deras dan ditakutkan terjadi banjir bandang yang dapat menghanyutkan anak-anak usia sekolah atau warga yang menyeberang.

"Kami meminta dinas terkait di Pemkab Cianjur, segera merespon keinginan warga untuk mendapatkan jembatan baru, agar terhidar dari bahaya terbawa arus ketika menyeberang sungai dengan cara berenang," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,