Bandung Miliki Pusat Kajian Asia Afrika

Bandung Miliki Pusat Kajian Asia Afrika

Kepala BPPK dan Rektor Unpad di Museum Asia Afrika( Putri)

Bandung- Dalam rangka mengingat kembali nilai-nilai yang digagas oleh Indonesia dalam Dasasila Bandung, Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) bekerja sama dengan Universitas Padjajaran membentuk Pusat Kajian Asia Afrika (PKAA) yang diresmikan di Museum Asia Afrika, Bandung. Selasa (14/4/2015).
 
Kepala BPPK Dr. Darmansjah Djumala mengatakan bahwa latar belakang dibentuknya PKAA ini adalah untuk mengkaji, membuat pusat kajian di kota Bandung yang merupakan kapital Asia Afrika dalam rangka mengabadikan meredukalisasi semangat Bandung.
 
"Oleh karena itu KAA ditekankan adanya semangat dasasila Bandung, adanya pelestarian melestarikan nilai-nilai hubungan ke depan dengan luar negerii, nilai yang di amanatkan dasasila Bandung bisa dikembangkam dalam akademik," ujar Darmawan.
 
Prof Tri Hanggona Achmad selaku Rektor Unpad bersyukur atas momentum ini karena menjadi yakin dapat peluang lebih banyak bagi bangsa Indonesia dan hal ini menjadi suatu kepercayaan bagi Unpad.
 
"Sejak tahun 1955, Bandung menjadi perhatian dunia hingga kini, maka harus diwariskan dengan baik. Berdirinya pusat ini menjadi wahana yang lebih kuat konteks akademik menjadi impact ke dunia antara akademik, government, media. Dan tidak terpaku di wilayah kita dan kondisi ini membantu," ujar Prof Tri 
 
Kepala BPPK mengatakan bahwa dalam salah satu rencana peringatan KAA ini membentuk networking antara Universitas, Asia Afrika sudah menyiapkan infrastruktur, dan mereka sudah punya nilai hak studi di Bandung.
 
"Kenapa Unpad? Unpad ada di Bandung, Bandung adalah ibukota Asia Afrika di mana Asia Afrika diadakan tahun 1955 yang melahirkan prinsip- prinsip luar negeri. Dasasila Bandung mesti di kembangkan dan yang paling mengerti adalah Unpad," ujarnya.
 
Harapan Retor Unpad dengan adanya PKAA ini dirinya yakin pusat studi ini akan membawa Bandung dan Indonesia semakin maju.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,kaa,