Kekayaan Laut Dapat Bangun Garut Selatan

Kekayaan Laut Dapat Bangun Garut Selatan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Garut, Lukman menyatakan potensi kekayaan alam laut Garut akan dapat membangun Garut Selatan, jika telah ditetapkan sebagai daerah otonomi baru (DOB).

"Dengan adanya wacana pemekaran Garut Selatan maka sektor laut akan menjadi unggulan untuk menyumbang PAD (pendapatan asli daerah)," kata Lukman melalui telepon seluler, Selasa (14/4/2015).

Menurut dia, upaya untuk mendongkrak potensi laut di Garut Selatan yaitu dengan terlebih dahulu membangun pelabuhan bagi kapal besar.

Pelabuhan besar itu, lanjut dia, secara otomatis menyumbang PAD karena akan banyak kapal nelayan dari Garut maupun daerah lain singgah di Garut dan menjual ikan hasil tangkapannya.

"Kalau ada pelabuhan maka secara otomatis akan mendongkrak sisi PAD dari sektor perikanan maupun wisatanya," kata Lukman.

Selain menyumbang PAD, kata Lukman, DOB Kabupaten Garut Selatan akan menjadi daerah pemasok ikan laut ke daerah Garut, kemudian daerah lainnya.

Selama ini, menurut Lukman, ikan hasil tangkapan di laut Garut minim dijual atau dikonsumsi oleh masyarakat Garut khususnya di wilayah perkotaan.

"Selama ini kapal yang ukuran besar membawa banyak ikan tidak pernah berlabuh di Garut, karena tidak adanya pelabuhan yang memadai, sehingga ikannya dijual ke tempat lain," katanya.

Ia berharap, banyaknya ikan yang diproduksi di Garut dapat mendukung program Pemerintah Garut untuk meningkatkan daya konsumsi ikan.

"Sekarang paling hanya lima persenan saja yang bisa dinikmati di Garut, sisanya dijual ke luar," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,