Foto-foto Marilyn Monroe Akan Dipamerkan di Polandia

Foto-foto Marilyn Monroe Akan Dipamerkan di Polandia

Foto-foto Marilyn Monroe Akan Dipamerkan di Polandia.

Wroclaw  - Foto-foto Marilyn Monroe karya fotografer fesyen dan selebriti Milton H. Greene yang merupakan bagian dari koleksi foto langka aktris Amerika Serikat itu akan dipamerkan di kota Wroclaw, Polandia, musim panas ini.

Kota di bagian barat Polandia itu berhasil menawar foto-foto itu dalam lelang tahun lalu dengan harga 6,4 juta zloty atau sekitar 1,69 juta dolar AS menurut siaran media lokal.

Pameran koleksi itu diperkirakan menjadi daya tarik utama bagi Wroclaw, yang akan menjadi salah satu kota budaya Eropa pada 2016.

Koleksi itu terdiri atas 3.000 foto lebih dan juga meliputi foto aktris-aktris lain seperti Audrey Hepburn, Grace Kelly, Judy Garland dan Marlene Dietrich.

Foto-foto itu diambil dari tempat pembuatan film, di bioskop-bioskop, selama sesi-sesi foto untuk majalah, serta di tempat-tempat pribadi.

Pertunjukan pendahuluan 47 foto Monroe, termasuk foto "Ballerina Sitting", dibuka untuk para kritikus seni dan foto pada Selasa sementara pameran bertajuk "Good day, Marilyn" akan dibuka untuk umum pada Juli.

"Orang yang melihat pameran akan bisa melihat Marilyn Monroe yang berbeda di setiap foto karena ini adalah foto-foto seorang aktris dan bintang film tapi juga orang privat," kata kurator pameran Marek Stanielewicz.

"Sejumlah foto berupa pose tapi beberapa menunjukkan Marilyn Monroe dalam situasi akrab. Kuncinya adalah menunjukkan Marilyn Monroe tidak hanya sebagai aktris hebat dan simbol seks tapi juga Marilyn Monroe sebagai seorang manusia dan seorang perempuan," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Greene, yang bekerja untuk majalah-majalah seperti Harper's Bazaar dan Vogue, berteman dengan Monroe setelah mereka bertemu dalam sesi pemotretan.

Mereka kemudian membuat perusahaan produksi dan Monroe akhirnya pindah ke rumah sang fotografer dan keluarganya, tempat dia mengambil sejumlah foto untuk dia. Greene meninggal dunia tahun 1985.

Polandia mendapatkan foto-foto itu sebagai bagian dari penyelesaian kasus penggelapan yang melibatkan pengusaha Amerika Serikat tahun 1990an. Kumpulan foto Monroe yang pertama dilelang tahun 2012.(Ode)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:hiburan,