Lagi TKI Karni binti Medi Tarsim Dieksekusi di Saudi

Lagi TKI Karni binti Medi Tarsim Dieksekusi di Saudi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta-Pemerintah Arab Saudi untuk kedua kalinya dalam pekan ini melakukan eksekusi hukuman mati terhadap tenaga kerja asal Indonesia.
Kementerian Luar Negeri di Jakarta menjelaskan, eksekusi terhadap Karni binti Medi Tarsim dilakukan di dekat Madinah, hari Kamis (16/4/2015).
 
Seperti halnya eksekusi terhadap tenaga kerja Indonesia, Siti Zainab, hari Selasa, pemerintah Indonesia tidak mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi.
 
"Kemlu telah memanggil duta besar Saudi di Jakarta pukul 19.30 ... Kemlu menyamapaikan nota diplomatik mengenai kekecewaan Indonesia atas pelaksanaan hukuman mati tanpa adanya notifikasi resmi," demikian penjelasan Kemlu di Twitter.

Advokasi Indonesia 'lemah'

Disebutkan bahwa sehari sebelum eksekusi, pejabat di KJRI Jeddah menemui Karni, tapi dalam pertemuan ini tidak disinggung sama sekali mengenai pelaksanaan eksekusi.
 
Tobibuddin, aktivis buruh migran di Jeddah kepada BBC  mengatakan bahwa Karni terlibat dalam kasus pembunuhan anak kecil.
Karni, buruh migran asal Brebes, Jawa Tengah, menjalani eksekusi di Yanbu, di dekat Madinah.
Kemlu mengatakan, pemerintah Indonesia sudah berupaya membantu Karni, termasuk mengupayakan pemaafan dari keluarga korban.
 
Namun Melaye Sadli, wakil sekjen Buruh Migran Indonesia di Saudi, mengatakan advokasi Indonesia lemah karena pemerintah Indonesia melegalkan hukuman mati.(Ode)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,