Tidak Dikenali Bule, Jokowi Didesak Tampil Lebih Necis

Tidak Dikenali Bule, Jokowi Didesak Tampil Lebih Necis

Jakarta - Sebuah kejadian yang menggelitik dan cukup menghebohkan terjadi di dunia maya, saat seorang bule Jerman salah mengira bahwa Presiden Indonesia adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil, bukan Jokowi.
 
Komentar itu keluar terkait sebuah gambar yang menampilkan kedua tokoh itu, pada saat mengunjungi persiapan pelaksanaan perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA).
 
Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memandang, sudah saatnya Jokowi berbenah dalam hal penampilan. Pasalnya, citra masyarakat saat ini melekat padanya, sebagai orang nomor satu di Indonesia.
 
"Pada beberapa kesempatan saat kampanye Gubernur dan Presiden, Jokowi sering bertutur seperti itu (ingin tampil sederhana). Tapi, sekarang Jokowi sudah Presiden. Citra Indonesia juga melekat pada dirinya.
 
Suka atau tidak suka Jokowi harus memperhatikan penampilan.
 
Tampil sederhana itu bagus, tapi tampil necis juga tidak salah," tukasnya, di Jakarta.
 
Hendri bisa memaklumi, tentang  kesalahpahaman bule Jerman tersebut karena Ridwan Kamil dianggapnya lebih gagah dan necis ketimbang Jokowi. "Ridwan Kamil memang lebih gagah dibandingkan dengan Jokowi," tegasnya.
 
Lebih jauh, ia berharap agar perubahan itu sudah dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat menghadiri KAA di Bandung. Bisa dipastikan, perhelatan yang dihadiri puluhan kepala negara itu akan mendapat sorotan dari media, baik dalam dan luar negeri.
 
"Oleh karena itu, Jokowi harus jaga penampilan dong, citra negara melekat pada dirinya. Tampil sederhana itu hanya untuk pencitraan ke dalam. Sementara keluar, pencitraan harus lebih necis dong. Saya yakin Jokowi bisa, beliaukan juaranya pencitraan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,