Serba Perempuan untuk Tingkatkan Fungsi dan Perannya

Serba Perempuan untuk Tingkatkan Fungsi dan Perannya

Apel peringatan hari Kartini di Pemkot Cimahi.(Net)

Cimahi-Setiap tanggal 21 April tiap tahunnya bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini, di mana sebagai Pahlawan Perempuan pertama yang mensejajarkan derajat perempuan dengan kaum pria. Di Kota Cimahi peringatan Hari Kartini dipusatkan di Lapangan Apel komp. Perkantoran Kota Cimahi, Jl. Rd. Demang
Hardjakusumah,  Selasa (21/4/2015).
 
Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat. seluruh pelaksana acara
didominasi perempuan, komandan upacara, pembawa acara, termasuk pemimpin upacara. Untuk peserta upacara dibarisan terdepan juga didominasi perempuan. Peserta upacara perempuan pun mengenakan kebaya.

Walikota Cimahi Hj. Atty Suharti, SE Selaku Pembina Upacara.mengajak para
peserta upacara  untuk sejenak melihat kembali lintasan sejarah bangsa ini, maka perjuangan  yang dilakukan oleh R.A. Kartini dan para pejuang
perempuan lainnya, telah mewarnai dinamika pergerakan kaum perempuan Indonesia. Perjuangan kartini dan kaum pergerakan perempuan  bukan untuk menuntut kekuasaan yang lebih besar bagi kaum perempuan.

“Mereka  berjuang agar kaum perempuan memperoleh pendidikan yang layak

seperti kaum lelaki ketika itu, karena mereka sadar bahwa kebodohan akan menjerumuskan dirinya pada keterpurukan  budaya dan sosial, sehingga menegasikan peran dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat,” ujar Walikota Atty Suharti.
 
Walikota Juga mengungkapkan rasa bangganya kaum perempuan yang ada di Kota Cimahi merupakan insan-insan pekerja keras yang tangguh dan memiliki jiwa emansipasi yang tinggi untuk berkiprah dalam mengembangkan diri, keluarga, dan kotanya.

“Lihat saja di lingkungan Pemkot Cimahi, sudah banyak kaum
perempuan yang menduduki jabatan strategis baik untuk tingkat eselon 2, 3 maupun 4. Para pelajar dan mahasiswa perempuan dari kota Cimahi pun sudah banyak yang mengukir prestasi di tingkat provinsi maupun nasional untuk bidang akademik, seni dan olahraga, bahkan untuk program P2WKSS, Cimahi sudah beberapa kali meraih peringkat yang tinggi di Jawa Barat,” ungkapnya.
 
Atty  juga berpesan agar para pegawai perempuan di lingkungan Pemkot
Cimahi, untuk mengambil  beberapa hikmah yang dapat direnungkan pada momentum Peringatan Hari Kartini ke-136 tanggal 21 april 2015 ini.  Untuk mencontoh dan meneladani semangat Kartini.
 
“Kita dituntut berperan serta dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah kita ini, namun bukan berarti mengurangi peran kita sebagai ibu dalam membina keluarga. Jadi sebagai perempuan kita harus pandai dalam menempatkan fungsi kita sebagai ibu rumah tangga dan sebagai abdi masyarakat,” pesannya.

Selain  itu walikota  Juga menuturkan untuk  introspeksi diri sebagai
perempuan, terhadap potensi diri yang dimiliki, apa yang telah dilakukan
dalam keluarga, lingkungan, masyarakat dan daerah ini, sehingga dapat
mendorong semangat, meningkatkan motivasi untuk selalu meningkat SDM, sehingga dapat berperan dalam pembangunan secara luas.
 
Walikota juga menjelaskan untuk meningkatkan rasa persatuan dan
kesatuan, serta  meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, terhadap
lingkungan dan masyarakat.
 
“Bahwa masih banyak orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita dalam mewujudkan dan meneruskan esensi perjuangan R.A. Kartini," tutupnya.

Pada Kesempatan upacara Kartini  ini juga  PT. Sansan Saudaratex memberikan bantuan  melalui  CSR-nya kepada organisasi PMI Kota Cimahi berupa 1 (satu) unit motor roda tiga untuk operasional PMI Kota Cimahi.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:budaya,