Arus Lalin di Sekitar Senayan 'Kacau' Imbas Penutupan Jalan

Arus Lalin di Sekitar Senayan 'Kacau' Imbas Penutupan Jalan

Arus Lalin di Sekitar Senayan 'Kacau' Imbas Penutupan Jalan menyusul puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta, Rabu (22/4/2015).(Net)

Jakarta -  Sejumlah ruas jalan protokol ditutup total, menyusul puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta, Rabu (22/4/2015). Salah satu jalan utama yang ditutup total, yakni Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Semua kendaraan yang menuju Jalan MH Thamrin pun dialihkan ke Jalan Asia-Afrika, Senayan.

Pengalihan arus tersebut berimbas pada menumpuknya kendaran, baik roda empat maupun roda dua di kawasan Senayan. Banyak kendaraan yang memilih melawan arus untuk menghindari kemacetan.

Namun, aksi pengendara melawan arus yang didominasi kendaraan roda dua itu malah membuat kemacetan semakin parah. Kendaraan dari arah Senayan menuju kawasan Blok M tidak bisa bergerak, karena tertutup kendaraan yang melawan arus menuju Palmerah.

Lebih parahnya, tidak ada satu pun polisi yang mengatur kemacetan tersebut. "Parah mas, kusut banget macet hari ini. Polisi adanya cuma di pos saja, tidak mengatur macet di sini," ujar para  pengendara.
Sebelumnya, Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapuddin mengatakan, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, Jalan Asia Afrika, Cawang menuju Slipi, dan Sudirman-MH Thamrin menuju Senayan akan disterilisasi. Sebab para delegasi negara-negara peserta KAA akan berangkat secara serentak dari hotel-hotel tempat mereka menginap. "Karena aturannya jalan harus steril," kata Risyapuddin, Selasa (22/4).

Menurutnya, pemberangkatan delegasi negara peserta KAA dibagi menjadi 3 gugus. Gugus pertama ialah tamu negara yang menginap di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), seperti Hotel Mandarin Oriental, Hotel Indonesia Kempinsky dan Grand Hyatt.

Gugus kedua, lanjut Risyapuddin ialah tamu negara yang menginap di kawasan Kuningan seperti JW Marriot, Ritz Carlton Kuningan. Dan gugus ketiga adalah tamu negara yang bermalam di Hotel Mulia, Dharmawangsa, Vermont dan Ritz Carlton SCBD.

"Tamu negara diberangkatkan pukul 07.00 dan waktu keberangkatan hanya selisih 1 menit. Mereka harus tiba pukul 08.45 WIB di lokasi (JCC)," jelas Risyapuddin. Sedangkan gugus pertama yang akan diberangkatkan adalah gugus 3, yang paling dekat dengan JCC. Selanjutnya, pemberangkatan gugus 2 dan gugus 1.

Penutupan jalan ini, lanjut Risyapuddin, juga akan menyebabkan pengalihan arus lalu lintas. Di antaranya dari arah Blok M menuju Senayan diluruskan ke Sudirman, dari arah SCBD ke Senopati, dari arah Kuningan ke Mampang Prapatan-Tendean.

Lalu dari arah Sudirman, Risyapuddin menambahkan, akan dibelokan ke Menteng dan Tanah Abang. Sementara pengendara mobil yang menggunakan akses tol Cawang-Slipi, tidak boleh keluar di pintu tol Semanggi. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,