Gubernur Jabar Jadi Khotib dan Imam Salat Jumat bagi Delegasi

Gubernur Jabar Jadi Khotib dan Imam Salat Jumat bagi Delegasi

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan akan Jadi Khotib dan Imam Salat Jumat bagi Delegasi KAA.(Foto:Antara)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menuturkan khotbah Shalat Jumat tiga bahasa bagi para delegasi Muslim saat Peringatan ke-60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Masjid Raya Bandung pada 24 April 2015 bertema penyatuan Asia Afrika.

"Temanya adalah menyatupadukan potensi yang ada di Asia Afrika untuk menghadirkan kesejahteraan bersama di wilayah Asia Afrika," kata Aher, yang akan menjadi khatib dan imam Shalat Jumat mendatang, seusai melantik Penjabat Bupati Pangandaran di Gedung Sate Bandung, Rabu (22/4/2015).

Tema khotbah tersebut, menurut dia, telah diserahkanya kepada Panitia Pusat Peringatan ke-60 Tahun KAA di Jakarta, pekan lalu.

"Sudah kita laporkan ke panitia pusat minggu lalu, karena kan diperiksa terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menuturkan, pada khotbahnya tersebut nanti juga akan disinggung soal semangat yang akan dibangun oleh masyarakat di negara Asia Afrika dalam membangun kerja sama, yakni semangat kebersamaan sesama insan manusia (Ukhuwah Insaniah).

"Semangat visi bersama, menentukan nasib bersama ke depan, dengan diikat oleh sebuah ikatan, persaudaraan antara manusia se-Asia Afrika," katanya.

Ia menimpali, "Pada saat bersamaan banyak penduduk Asia Afrika beragama Islam, oleh karenanya disamping diikat oleh pesaudaran dan kemanusian juga diikat bersama persaudaraan agama sehingga lebih kuat lah."

Menurut dia, khotbah tersebut akan dituturkan dalam Bahasa Inggris dan akan disisipi Bahasa Inggris dan Arab.

Dirinya mengaku telah siap secara fisik dan mental untuk menjadi iman dan khatib Shalat Jumat di hadapan kepala negara/pemerintahan dan delagasi KAA yang beragama Muslim.

"Insya Allah siap 100 persen," demikian Ahmad Heryawan.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:kaa,