Polres Purwakarta Ungkap Kades Jual Air Bersih

Polres Purwakarta Ungkap Kades Jual Air Bersih

Ilustrasi

Purwakarta - Polres Purwakarta mengamankan lima orang tertangkap tangan tengah menjual air bersih ke perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK).

Pada penangkapan yang dilakukan Rabu (22/4/2015) di dua titik di  Desa Salem Kecamatan Pondok Salam itu, terungkap kepala desa setempat menguasai mata air dan menjualnya.

"Kami mengamankan lima orang sedang mengalirkan air dari mata air ke tangki mobil air untuk dijual. Kami telah periksa lima orang itu dan pada pemeriksaan terhadap mereka, terungkap ada kepala desa disana yang menguasai mata air dan menjual airnya," kata Kanit Tindak Pidana Tertentu Polres Purwakarta, Ipda Budi Suhaeri di Mapolres Purwakarta Rabu (22/4).

Ke limanya dijerat dengan Pasal 15 Undang-undang Nomor 11 Tahun 1974
Tentang Pengairan.

"Penjualan air menurut pasal 15 ayat 2 termasuk kejahatan dan ancaman pidananya maksimal dua tahun. Karena ancaman pidananya dua tahun, maka mereka tidak akan ditahan," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya akan memeriksa kepala desa bersangkutan.

"Kami akan kembangkan pemeriksaan dengan memanggil kepala desa bersangkutan," ujarnya.

Nurdin (50) warga desa setempat, satu dari lima orang yang diamankan polisi mengakui ia mengelola air dari mata air yang dimiliki oleh kepala desa bersangkutan.

"Saya hanya pengelola saja, yang punya mata airnya pak kades. Pak Kades juga yang menjual dan menerima uang hasil penjualannya," ujar Nurdin.

Nurdin mengatakan hanya diminta untuk mengelola dan melayani pembelian air oleh pengusaha AMDK. Air tersebut dialirkan dari mata air melalui pipa sepanjang 1 kilometer ke mobil tangki air.

"Saya hanya disuruh dan suka dikasih uang dari hasil penjualannya sebesar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per tangki," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkab Purwakarta telah mengeluarkan kebijakan pelarangan komersialisasi air bersih. Bahkan, mereka menganggarkan Rp 28 miliar untuk membeli dan menguasai mata air agar air tersebut tidak dikomersialisasikan.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:kriminal,