Liontin Pancawarna Kenalkan Garut ke Tingkat Internasional

Liontin Pancawarna Kenalkan Garut ke Tingkat Internasional

Atalia Kamil saat menerima simbolis batu Panca Warna untuk souvenir KAA dari pengrajin batu Garut dan istri Bupati. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Istri Bupati Garut Diah Rudi Gunawan melakukan serah terima batu akik Pancawarna berbentuk liontin asal Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut kepada istri Walikota Bandung Atalia Kamil. Batu Pancawarna akan dijadikan cinderamata bagi para tamu anggota KAA pada puncak HUT KAA ke-60, 24 April mendatang.

 

Menurut Atalia Kamil yang juga Ketua PKK Kota Bandung, masyarakat luas khususnya internasional banyak yang ingin mengenal seperti apa batu Pancawarna itu. Makanya batu itu akan dibuatkan liontin agar menjadi keunikan dan kekhasan Garut.

 

“Para delegasi dari 109 negara nanti akan diberikan berbagai cinderamata, antara lain liontin batu Pancawarna, Gunung Kencana dan ada juga iket. Banyak kota/kabupaten yang bersemangat ikut berpartisipasi dengan memberikan berbagai barang, ada batik dari berbagai kota di Jabar,” ucap Atalia Kamil di acara Art Craft 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Jl. Aceh Kota Bandung, Rabu (22/04/2015) sore.

 

Menurut Atalia, batu Pancawarna asli Gunung Kencana, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut memiliki beberapa keunggulan. Bahkan saking punya daya tarik tersendiri, harga batu itu bisa mencapai ratusan juta rupiah.

 

“Batu Pancawarna adalah batu berkualitas dan bisa mendunia ke tingkat internasional, karena harga satu batunya saja bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Dipilihnya sebagai cinderamata pada HUT KAA, sangat cocok untuk mengenalkan batu lokal ke tingkat internasional,” katanya.

 

Sementara Diah Rudi Gunawan menuturkan, selain batu akik Kabupaten Garut juga mempunyai beberapa produk unggulan seperti dodol, kerajinan kulit, akar wangi, dan beberapa produk lainnya. “Kita tidak hanya punya produk unggulan batu akik, tapi ada juga cinderamata lain seperti kerajinan dari kulit domba dan akar wangi,” tutur Diah.

 

Acara serah terima batu dari Pemerintah Kabupaten Garut kepada Pemkot Bandung, disaksikan  berbagai pihak. Antara lain Kapolres Garut, AKBP Arif Rahman, Dandim Garut, Bungkus Suseno, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan JS, dan beberapa pejabat terkait lainnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,