BNPB : Bencana di Indonesia Capai 1.927 Kejadian

BNPB : Bencana di Indonesia Capai 1.927 Kejadian

BNPB : Bencana di Indonesia Capai 1.927 Kejadian

Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat selama Januari-September 2014 peristiwa bencana mencapai 1.927 kejadian di Indonesia.

"Data bencana per 30 September 2014 menunjukan lebih dari seribu kejadian dan telah menyebabkan 348 jiwa meninggal dan hilang," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (14/10/2014).

Selain itu, kata dia, kerusakan pemukiman selama kejadian bencana mencapai 40.894 mengalami kerusakan. Sementara korban yang menderita dan mengungsi mencapai 1.777.622 jiwa.

Kejadian bencana tersebut yakni banjir dan tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, puting beliung dan kebakaran hutan dan lahan.

Jumlah kejadian ini menurut dia, akan meningkat mengingat tahun 2014 masih menyisakan tiga bulan ke depan dengan cuaca yang memasuki masa pengalihan cuaca musim kemarau ke musim penghujan.

"Data tersebut menunjukkan bawah ada tiga-empat orang meninggal atau hilang per 10 kejadian bencana yang terjadi," paparnya.

Sampai saat ini bencana masih terjadi seperti kebakaran hutan dan lahan serta bencana kekeringan. Kebakaran hutan dan lahan lanjutnya, melanda di kawasan pulau Sumatera dan Kalimantan.

Akibat kebakaran itu menyebabkan kualitas udara menjadi buruk, aktivitas manusia terbatas diluar ruangan bahkan moda trasportasi udara juga tergangu.

"Kami terus melakukan upaya penanggulangan bencana dan memantau perkembangan cuaca dan titik-tikik bencana termasuk kebakaran hutan dan lahan serta erupsi gunung di sejumlah daerah," tambahnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,