4.000 Warga Dievakuasi, Gunung Berapi Calbuco Meletus

4.000 Warga Dievakuasi, Gunung Berapi Calbuco Meletus

Gunung berapi Calbuco yang berjarak sekitar 1.000 km dari Ibukota Cile, Santiago meletus pada Rabu sore waktu Cile.

Santiago - Gunung berapi Calbuco yang berjarak sekitar 1.000 km dari Ibukota Cile, Santiago meletus pada Rabu sore waktu Cile. Gunung berapi itu diketahui baru pertama kali mengalami letusan sejak empat dekade terakhir ini.
Badan Penanggulangan Bencana Cile langsung menyatakan sinyal merah, yang diartikan sebagai kondisi paling berbahaya untuk warga di Kota Santiago. Sinyal merah tersebut dikeluarkan, setelah abu vulkanik hasil dari letusan Gunung Calbuco mulai tampak membumbung ke angkasa.
Dikutip dari Al Jazeera, Kamis (23/4/2015), dalam video amatir yang direkam oleh salah sseorang warga, tampak kumpulan abu vulkanik tebal yang terbentuk seperti awan.  Mdnurut keterangan pihak berwenang setempat, sebanyak 4.000 warga telah dievakuasi dari radius 20 kilometer wilayah Gunung Calbuco.
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Cile Rodrigo Penailillo memberikan pernyataannya yang disiarkan TV lokal. Dia pun menyerukan kepada warganya agar tetap tenang dan tertib, saat pasukan keamanan Cile membantu proses evakuasi.
Menteri Penailillo mengatakan, proses evakuasi warga Cile terus berlangsung dan sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa, dan luka-luka akibat letusan Gunung Calbuco tersebut. Gunung Calbuco dilaporkan pernah meletus pada Maret 1972. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,