Empat Koperasi Kota Bandung Ikuti Jambore Nasional

Empat Koperasi Kota Bandung Ikuti Jambore Nasional

Salah Satu Outlet Koperasi Mahasiswa ITB

Bandung - Koperasi Mahasiswa ITB, Unisba, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),  serta Koperasi Siswa SMA Negeri III Kota Bandung, mewakili Kota Bandung ke Jambore Nasional Koperasi Pemuda dan Siswa di Sentul, Kabupaten Bogor, 15-14 Oktober 2014.

"Empat koperasi itu mewakili Kota Bandung ke Jambore tingkat nasional. Koperasi mahasiswa dan koperasi siswa merupakan bentuk edukasi kewirausahaan," kata Kepala Dinas Indag Koperasi dan UMKM Erick M. Atharik di Bandung, Selasa (14/10/2014).

Pada kegiatan itu, perwakilan koperasi mahasiswa dan siswa Kota Bandung itu akan bergabung dan bersosialisasi dengan perwakilan koperasi sejenis dari seluruh Indonesia.

"Mereka akan berinteraksi dan sharing kiat sukses, juga mendiskusikan perkembangan dan jejaring koperasi kampus untuk bisa lebih berkembang," kata Erick.

Khusus untuk Jambore Koperasi siswa, kata dia baru pertama kali digelar pada tahun ini. Dan SMA Negeri III Kota Bandung menjadi wakil pertama dari Bandung.

Sementara itu Ketua Koperasi Siswa SMA Negeri III Kota Bandung, Vera menyebutkan akan memanfaatkan kesempatan jambore nasional itu untuk berdiskusi dan mencari kiat untuk pengembangan koperasi siswa di sekolah.

"Dukungan dari pihak sekolah, kepala sekolah dan guru sangat diperlukan, dan itu kami peroleh di SMA Negeri III Bandung sehingga koperasi siswa bisa berjalan dan berkembang," kata Vera.

Pada kesempatan itu, siswa berjilbab dan berkaca mata minus itu memaparkan pengalaman dan perjuangannya untuk mengembangkan koperasi siswa di sekolahnya.

"Pengembangan koperasi siswa akan menjadi perhatian kami ke depan, potensinya besar dan efektif untuk pengembangan jiwa kewirausahaan. Kami berencana untuk mebuat anugerah Koperasi Siswa Award di Kota Bandung," kata Kepala Dinas Indag Koperasi dan UMKM Kota Bandung itu menambahkan. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,