Ridwan Kamil Curi Perhatian Pemimpin Dunia di KAA

Ridwan Kamil Curi Perhatian Pemimpin Dunia di KAA

Ridwan kamil saat mengikuti historical walk

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil berhasil mencuri perhatian Presiden Jokowi dan para pemimpin negara peserta peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/4/2015).

Emil, begitu dia biasa disapa, mendapat kesempatan untuk berpidato pertama kali untuk menyambut para tamu sebelum Presiden menyampaikan pidato. Dalam pidatonya, Emil berhasil mengundang perhatian para pemimpin dunia yang hadir. Bahkan, baik Jokowi maupun Presiden China Xi Jinping, tampak terpukau saat mendengarkan pidato Ridwan Kamil dalam bahasa Inggris.

Dalam pidato sekitar lima menit itu, Ridwan Kamil menyampaikannya dengan bahasa Inggris secara lancar dan fasih. Sesekali dia menunjukkan gestur atau bahasa tangan untuk menjelaskan pidatonya. 

Selain menyampaikan sambutan, Emil juga membacakan Dasa Sila Bandung di hadapan para pemimpin dunia. Pedoman kedamaian dan kerjasama dunia, yang dicetuskan bangsa-bangsa Asia Afrika itu disampaikan dalam bahasa Inggris.

Sedangkan pada akhir pidatonya, Ridwan Kamil pun tak lupa menutupnya dengan bahasa Sunda. "Hatur nuhun (terima kasih)," katanya.

Tampaknya para pejabat di Jawa Barat sudah membagi-bagi tugas. Sebelum pidato walikota, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bertugas menyambut para tamu negara di depan Hotel Savoy Homann. Sementara, Wakil Gubernur Deddy Mizwar juga menyambut tamu penting yang tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,