Jadi Buah Bibir, Tarian Striptis di Prosesi Pemakaman

Jadi Buah Bibir, Tarian Striptis di Prosesi Pemakaman

Tarian Striptis di Prosesi Pemakaman.(Net)

Jiangsu - Upacara pemakaman umumnya dilakukan secara sederhana. Tapi tak demikian dengan acara pelepasan terakhir terhadap orang terkasih di China.

Pemakaman di negeri Tiongkok, sepertinya tidak harus menjadi momentum duka penuh tangisan yang menyayat hati. Mereka memilih pendekatan berbeda untuk mengucap selamat tinggal pada orang terkasih yang meninggal dunia.

Dikutip dari BBC, Sabtu (25/4/2015) mereka biasanya menyewa marching band, tetapi juga mengundang tarian striptis untuk acara pemakaman. Bahkan, kehadiran mereka sedang tren di beberapa daerah pedesaan Cina. Namun keberadaan para penari striptis itu kini tengah menjadi target aparat, yang berupaya keras mengakhiri praktik tersebut.

"Acara itu digelar di suatu daerah sebelah utara Provinsi Hebei, dan sebuah kawasan lain di sisi timur Provinsi Jiangsu," kata Kementerian Kebudayaan Cina. "Tindakan semacam itu perilaku tidak beradab," sambung pihak Kementerian Kebudayaan Cina melalui pernyataan yang dikutip dari Xinhua.

Untuk mencegah acara pemakaman yang menghadirkan penari striptis kembali terulang, pihak kementerian akan bekerja sama dengan kepolisian. Bahkan, baik penari maupun penyelenggara akan diberikan sanksi.

Penari striptis kerap diundang ke prosesi pemakaman untuk memikat perhatian khalayak ramai. Di Cina, semakin banyak orang yang datang ke sebuah pemakaman, menandakan mendiang yang dimakamkan sangat dihormati.

Menyewa penari telanjang untuk mengundang khalayak akhirnya kerap dilakukan meski dianggap tak tepat. Aparat keamanan berupaya meredam praktik semacam itu, tapi selalu gagal. "Penari striptis di Cina itu ilegal. Menggelar atraksi eksotis dalam acara pemakaman menjadi tanda kehidupan modern di Cina, ketika kefanaan dan kesombongan lebih dihargai ketimbang tradisi," sebut laporan kantor berita Xinhua.
Fenomena penari telanjang pun belakangan menjadi buah bibir di media sosial Cina. "Saya tidak paham mengapa penari striptis di pemakaman bisa dipandang sebagai sesuatu yang bermoral," tulis seorang pengguna jejaring sosial. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,