Seminar 'Parenting' di SD EGS Jl. Kalimantan 13

Seminar 'Parenting' di SD EGS Jl. Kalimantan 13

Psikolog Lia saat menjadi pembicara di seminar yang diadakan EGS. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Untuk memberikan edukasi dan pengetahuan bagi para orangtua tentang pentingnya pola didik anak, EGS (Edu Global School) mengundang psikolog anak dan remaja, Dra. Lia Dinia Hakim, M.Psi. Lia menjadi pembicara pada seminar Parenting yang bertema "Sekolah yang Aman dan Bebas dari Bullying”. Seminar berlangsung di Café Edulab yang berada di Jl. Kalimantan No. 13, Kota Bandung, Sabtu (25/04/2015).

 

Menurut Lia, untuk mencegah bullying tidak terjadi di sekolah, sebaiknya para orangtua memberikan perhatian dan rasa empati kepada anak. "Anak itu cenderung mendengarkan dan meniru perlakuan ibu dan ayahnya, sehingga orangtua harus mengajarkan sifat empati sejak dini,” ungkapnya.

 

Lia menegaskan, seorang anak juga harus diberikan pembanding untuk mengukur perilaku dan interaksi lingkungannya. "Seorang anak harus juga mengenal lingkungan yang tidak nyaman bahkan lingkungan yang beradab, yang berfungsi sebagai ajang pembanding. Misalnya, dengan membandingkan beberapa ekskul,” tegasnya.

 

Agar anak tidak menjadi pelaku bulliying atau korban bulliying, laanjutnya, sebaiknya seorang anak diberikan penjelasan oleh orangtuanya agar merasakan juga jika dirinya menjadi korban bulliying. Hal itu untuk para pelaku. Sedangkan untuk yang menjadi korban, orangtua justru jangan memberikan ajaran negatif untuk membalas dendam.

 

"Orangtua sesekali jangan memberikan pendidikan untuk balas dendam atau ajaran negatif. Apabila hal itu diberikan, maka anak akan bertindak lebih agresif jika ada bullying dari temannya,” paparnya. (Jr.)**

.

Categories:eduglobal,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait