Seni Vektor Ubah Kain Majun Jadi Lukisan

Seni Vektor Ubah Kain Majun Jadi Lukisan

Inilah lukisan Ridwan Kamil yang terbuat dari kain majun dalam seni vektor. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Ide memanfaatkan barang bekas menjadi sebuah karya bernilai jutaan rupiah sudah ditekuni Memang Beda Gift Home Decor sejak beberapa tahun lalu, contoh saja dengan memanfaatkan kain bekas atau kain majun untuk membuat lukisan seni vektor. Saat acara Bandung Art & Craft 2015 di Graha Manggala Siliwangi, gallery ini sengaja memamerkan sebuah karya lukis seni vector bergambar Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

 

Menurut pengelola gallery Memang Beda Gift Home Decor, Ridi, lukisan vector bergambar Ridwan Kamil tersebut di buat dari ratusan kain majun dengan metode vector. Di seni vector ini, seorang seniman di tuntut lebih teliti karena harus menempel bagian kain satu persatu.

 

“Proses pembuatan seni vector lukisan Ridwan Kamil memakan waktu 1 bulan dengan dikerjakan oleh 1 orang seniman, kesulitannya yaitu saat mencari bahan kain majun yang sesuai warna dan jenisnya. Kain majun yang cocok untuk seni vector ini adalah dari kain kaos.” Cerita Ridi saat ditemui di acara Bandung Art & Craft 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Jl. Aceh, Kota Bandung belum lama ini.

 

Ridi menjelaskan, lukisan seni vector ini dipasarkan dengan cara pemesanan. Jadi seseorang yang ingin lukisan ini harus memesan terlebih dahulu, untuk gambarnya disesuaikan dengan pesanan pelanggan.

 

“Karya seni ini kita buat hanya special edition, jadi saat ada orang pesan baru kita bikin. Karena semua hasil karya seni vector dikerjakan dengan hand made, maka nilai jual seni ini cukup lumayan. Gambar kecil saja bisa di jual seharga Rp. 3 juta sedangkan yang besar seperti gambar Ridwan Kamil ini mencapai Rp. 5 juta,” jelasnya.

 

Lukisan Ridwan Kamil dari bahan kain bekas sempat menarik ratusan pengunjung acara Bandung Art & Craft 2015, salah satunya adalah istri Ridwan Kamil, Atalia Kamil dan beberapa pejabat Pemkot Bandung yang datang ke acara itu. Memang Beda gallery memasarkan seni vector baru sebatas untuk kalangan penyuka seni dalam negeri, ke depan gallery ini juga ingin mengembangkan pemasaran hingga ke luar negeri melalui toko online dan rutin ikut pameran di luar negeri.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,