Seni Daur Ulang Ubah Botol Jadi Bahtera Bernilai Jutaan

Seni Daur Ulang Ubah Botol Jadi Bahtera Bernilai Jutaan

Kapal Bahtera yang terbuat dari botol bekas karya seni daur ulang. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Seni daur ulang yang dipopulerkan oleh seniman Bandung ternyata bisa mengubah barang bekas seperti; botol menjadi produk seni bernilai tinggi. Salah satunya yang dilakukan oleh seniman dari Memang Beda Gallery yang pandai menyulap botol menjadi karya seni bernilai tinggi dengan judul Bahtera.

 

Menurut pengelola gallery Memang Beda Gift Home Decor, Ridi, produk seni bernama Bahtera dihasilkan dari seni daur ulang botol yang dilakukan dengan metode pembakaran. Seni ini pengerjaannya membutuhkan waktu hingga 3 bulan.

 

“Butuh waktu lama karena prosesnya juga lama, botol harus di bakar satu persatu kemudian ditempelkan, untuk mencari bahan  baku pun terkadang kesulitan karena harus menggunakan limbah botol yang sama jenisnya. Kebanyakan untuk bahan baku seni ini menggunakan limbah bekas botol sampoo, dan sejenisnya,” cetus Ridi di acara Bandung Art & Craft 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Jl. Aceh, Kota Bandung belum lama ini.

   

Masih ucap Ridi kelemahan di seni daur ulang botol yaitu pada sesi pembentukan karena seni ini sulit untuk membentuk benda sesuai detailnya.

 

“Produk seni ini bentuknya terkesan hanya menyerupai tidak bisa mirip banget detailnya seperti benda aslinya. Contoh saja seni daur ulang botol yang di buat seperti perahu layar bernama Bahtera, ini tidak bisa detail seperti aslinya,” ucapnya.

 

Seusai proses pembakaran yang dilakukan secara manual dengan lilin, botol kemudian dirangkai dan ditempel sesuai dengan rekaanya. Kesulitan seni ini pengerjaanya harus teliti karena tidak ada metode cetakan atau pola terlebih dahulu.

“Pola seni daur ulang botol memang dikerjakan sesuai dengan rekaan dan fantasi para seniman, karena seni botol tidak menggunakan pola terlebih dahulu, jadi langsung spontan,” paparnya.

 

Usai rangkaian botol yang di bakar tersusun menjadi suatu benda yang unik, barulah dilakukan tehnik pengecetaan dengan sistem semprot, untuk warna disesuaikan dengan benda yang dihasilkan. Sulitnya membuat seni daur ulang botol menyebabkan harga jual seni ini cukup lumayan, perkaryanya bisa di jual senilai  Rp. 3 juta untuk ukuran kecil hingga Rp. 10 juta untuk yang besar.(Ode)**

.

Categories:Info Bisnis,
Tags:,