HUT KAA Sukses Tak Lepas dari Jasa Pawang Hujan

HUT KAA Sukses Tak Lepas dari Jasa Pawang Hujan

Abah Ipin sang Pawang Hujang dari Lengkong Bandung. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Kondisi cuaca Kota Bandung dari Jumat lalu hingga Minggu kemarin terlihat sangat cerah dan panas, konon kecerahan itu karena pengaruh pawang hujan. Perayaan HUT KAA ke-60 yang digelar dari begitu  menarik perhatian jutaan orang untuk datang ke kawasan Jl. Asia Afrika, Jl. Braga, dan Alun-alun Bandung, apalagi cuaca saat itu sangat mendukung tanpa turun hujan.

Menurut  pawang hujan yang sering dipanggil berbagai acara, Abah Ipin, dirinya diminta Pemkot Bandung untuk menjadi pawang hujan pada HUT KAA kali ini.  “Saya sudah rutin dipanggil Pemkot untuk jadi pawang hujan. Untuk acara HUT KAA ini juga saya ikut dilibatkan mengatur hujan. Biasanya dengan adanya pawang hujan yang akan turun di Kota Bandung dipindahkan dulu ke daerah lain disekitarnya, adanya pawang hujan sangat penting untuk kesuksesan sebuah acara,” aku Ipin saat ditemui disekitaran Alun-alun Bandung, kemarin

Abah Ipin menegaskan, dirinya dalam melakukan ritual pawang hujan tidak dengan cara melanggar kaidah agama. Kalau pawang hujan yang ilmu hitam itu biasanya pakai ritual sesajen tetapi saya tidak.

“Saya cukup dengan berdoa dan doanya dituangkan dalam air mineral lalu disemburkan ke beberapa penjuru di tempat acara . Dengan doa dan ritual yang rutin dilakukan saya yakin hal ini akan menangkal hujan,” tegasnya.

Selain dengan cara itu, Abah Ipin juga suka menggunakan beberapa ritual dengan minyak yang diolesi ke badannya atau menggunakan keris pusaka turunan kakeknya. “Itu cara tambahan jika memang menahan hujan cukup berat dilakukan, tetapi cara itu masih tetap mengikuti kaedah ajaran Islam,” akunya.

Saat memindahkan hujan dari Kota Bandung biasanya Abah Ipin membuangnya jauh ke daerah Garut, Sumedang, dan Cianjur. Di tangannya awan hitam pembawa hujan bisa dialihkan ke daerah lain demi kesuksesan suatu acara. Jasa pawang hujan Abah Ipin kerap di pakai di acara pemerintah maupun swasta, event pertunjukan musik di Tegallega Bandung sering menggunakan jasanya. Selain untuk acara musik, acara hajatan pernikahan pun kerap memakai jasanya.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:kaa,