Bandung Masuk 10 Besar Contoh Kota 'Safety Road'

Bandung Masuk 10 Besar Contoh Kota 'Safety Road'

Bandung - Setelah sukses menggelar KAA dan dideklarasikannya Smart City  sebagai Kota HAM, kini Kota Bandung terpilih sebagai 10 kota dunia menjadi percontohan "road safety" kota dunia yang aman berlalu lintas. Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil selain di Indonesia, terdapat tiga kota dari Amerika selatan, tiga di Afrika, ada di Bangkok, Bogota, serta Brazil, Vietnam, Mumbai India, dan Shanghai Cina. 

Emil, sapaan akrab Walikota menyebutkan, Bandung bisa terpilih karena telah mengajukan proposal pada Bappeda, di mana proposal Bappeda Bandung termasuk yang paling detail dan paling lengkap. Termasuk komitmen dari kepolisiannya dianggap yang paling serius. 

"Jadi saya terima kasih ke pak Yoyol. Supaya di zaman pak Yoyol ini benar-benar mewariskan kualitas berlalu lintas yang paling baik dengan standard dunia," ujarnya saat ditemui di Savoy Homann Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (27/4/2015).

Emil juga menyebutkan, program ini berlangsung selama 5 tahun, sehingga ini adalah program yang lama. "Jadi bukan program instan, langsung beres. Lima tahun, masuk ke program pemerintah, dukungan dana juga ada dari Bloomberg Foundation. Bahkan mereka nanti akan kirim stafnya ke Bandung untuk memonitor. Perbaikannya mulai dari pendidikan, kampanye sosial, perbaikan infrastruktur, kesiapan teknologi dan lain-lain. Sehingga di dunia dianggap masuk ke dalam standard mereka," paparnya.

Menurut Emil, saat ini setiap tahun yang meninggal di perjalanan sebanyak 1,25 juta jiwa seluruh dunia. Yang meninggal rata-rata usia 18-25 tahun dan usia produktif. "Kita berharap, dengan konsep ini Bandung Zero Accident, kemudian juga aman dengan publik transportasi yang sedang kita benahi," harapnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,