Bloomberg Foundation Dukung Bandung Jadi 'Safety Road City'

Bloomberg Foundation Dukung Bandung Jadi 'Safety Road City'

Ilustrasi.(Net)

Bandung - Terpilihnya Bandung sebagai kota percontohan "safety road" membuat Walikota Bandung segera mempersiapkan bebagai infrastruktur. Sejauh ini, Ridwan Kamil sudah mempersiapkan jangka pendek maupun panjang agar Bandung benar-benar menjadi kota safety road. 
 
"Ini baru memulai sebuah proses menuju Bandung kota aman dalam berlalu lintas standar dunia. Belum terbukti karena baru memulai. Para tim datang ke sini dua hari untuk kasih tau ini loh standarnya dari sisi kesehatan, ini standar dari segi infrastruktur, ini standar dari segi pendidikan," jelas Emil saat ditemui di Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Bandung, Senin (27/4/2015).
 
 
Saat ini tim dari Bloomberg Initiative for Global Road Safety Kick Off memberi waktu tiga bulan, untuk membuat master plan atau blue print, dan setelah tiga bulan baru dikerjakan. Menurut Emil dana pun nanti akan disumbang dari pihak Bloomberg.

Saat ini Kota Bandung sendiri masih sering terjadi kecelakaan dan masih banyak masyarakat yang melanggar lalu lintas. Bahkan masih ada saja lampu lalu lintas yang sudah tidak layak pakai tetapi tidak dibenahi, padahal hal itu membahayakan pengendara. Tetapi dari pihak Bloomberg Foundation meyakini, Bandung bisa terpilih

 

"Kami percaya Bandung dapat jadi percontohan untuk Indonesia," ujar Kelly Larsson.  Emil sendiri saat ini akan mendata beberapa bagian kota Bandung, jalan mana yang harus segera dibenahi supaya Bandung benar-benar terpilih menjadi kota safety road.

 

"Saya lagi push jalan dulu karena masih banyak zebra cross yang catnya sudah hilang-hilang. Itu target-targetnya tiga bulan ke depan. Kemudian pengendara motor tanpa helm. Itu yang jangka pendek," ujar Emil. Sedangkan, untuk jangka panjang Emil masih menunggu perda BUMD tahun ini yang akan segera beres, karena dirinya ingin lelang traffic light supaya canggih. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,