Awas Pohon Tumbang di Jakarta

Awas Pohon Tumbang di Jakarta

Rawan pohon tumbang di Jakarta.(Net)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghimbau kepada seluruh warga agar berhati-hati dan waspada terhadap pohon tumbang akibat angin kencang yang melanda wilayah ibukota. 

Seperti diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi angin kencang akan melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya selama tiga hari, terutama di wilayah Jakarta Selatan, Depok dan Bogor dengan potensi sangat tinggi. Ia pun meminta agar warga selalu waspada. 

"Selama angin kencang melanda wilayah Jakarta, saya minta supaya seluruh warga selalu berhati-hati dan waspada dengan pohon tumbang," kata Basuki di Jakarta, Senin (27/4/2015). 

Oleh karena itu, dia juga meminta agar warga tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon karena dikhawatirkan angin kencang akan menumbangkan pohon tersebut dan menimpa kendaraan yang terparkir di bawahnya. 

"Kendaraan jangan diparkir di bawah pohon-pohon yang sudah tua dan rindang. Kemudian, kalau hujan juga jangan berteduh di bawah pohon, karena pohon-pohon di Jakarta rawan tumbang," ujar Basuki. 

Sebagai langkah antisipasi, dia menuturkan saat ini Pemprov DKI tengah melakukan penyisiran terhadap pohon-pohon yang sudah tua dan rawan tumbang secara merata di seluruh wilayah DKI. 

"Kita terus melakukan penyisiran terhadap pohon-pohon yang rawan tumbang. Kemudian, pohon yang sudah tua dan rapuh itu kita ganti dengan pohon yang baru, yang masih muda dan kuat," tutur Basuki. 

Berdasarkan data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta pada 2014, tercatat sebanyak 100.000 pohon rawan tumbang yang tersebar di lima wilayah Provinsi DKI Jakarta. 

Pohon rawan tumbang itu paling banyak berada di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Pohon-pohon tersebut kemungkinan akan tumbang bila terjadi hujan deras disertai angin kencang.  (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,