BPOM Bandung Sita Jamu Ilegal Senilai Rp 2 Miliar

BPOM Bandung Sita Jamu Ilegal Senilai Rp 2 Miliar

BPOM Bandung Sita Jamu Ilegal Senilai Rp 2 Miliar

Bandung - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menyita 2 truk jamu ilegal senilai lebih dari dua miliar rupiah. Produk jamu tersebut disita dari gudang penyimpanan di kawasan Pondok Gede Bekasi, Rabu (15/10/2014).

Puluhan ribu dus jamu ilegal terbagi dalam 17 jenis jamu terindikasi mengandung bahan kimia obat, yang seharusnya tidak terdapat dalam produk jamu yang berbahan herbal tersebut.

Kepala Bidang Serifikasi dan Layanan Informasi Balai Besar POM Bandung, Siti Rulia mengatakan, jamu ilegal tersebut sudah beredar luas di Pulau Jawa bahkan hingga Sumatera dan Kalimantan.

"Diperkirakan, produk jamu ilegal ini sudah dilakukan bertahun-tahun, namun lokasi produksi dan penyimpanan selalu berpindah," ujar Siti Rulia kepada wartawan di  di kantor BPPOM, Jalan Pasteur No. 25 Bandung.

Dia menjelaskan, jamu ilegal tersebut akan dimusnahkan sedangkan para produsennya akan dikenai sanksi kurungan penjara. "Jamu ini akan kita musnahkan, si pembuatnya bisa dikenai sanksi kurungan 15 tahun penjara dan denda sebesar 1,5 miliar rupiah sesuai Undang Undang kesehatan tahun 2005," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,