Asyiknya Dunia Pers dalam Gelaran Pelatihan Jurnalistik

Asyiknya Dunia Pers dalam Gelaran Pelatihan Jurnalistik

Peserta pelatihan jurnalistik berfoto bersama dengan Muhammad Subhan, pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. (Foto: IST.)

Padang -  Pesatnya perkembangan media massa memiliki peran yang signifikan, dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat modern. Menyadari hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (Unand) Padang, tergerak untuk mengadakan pelatihan jurnalistik, beberapa waktu lalu.

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik, Subnanda Enriko mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar kepada mahasiswa, khususnya Fakultas Teknologi Informasi di bidang jurnalistik.

Pelatihan yang diadakan di ruang seminar Gedung F, Kampus Unand, Limaumanis itu menghadirkan Idham Afandi, S.T (Trainer), Burhannizain Fitra (Fotografer & Jurnalis) dan Muhammad Subhan (Penulis dan Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia) sebagai narasumber. Masing-masing menyampaikan beberapa materi seperti Public Speaking, Foto Jurnalistik, serta Menulis dan Menyunting Berita.

Menurut Muhammad Subhan, dengan makin terbukanya peluang bekerja di media massa, penting bagi para calon wartawan untuk memiliki kemampuan dasar menulis dan menyunting berita. Utamanya untuk memudahkan mereka bekerja di perusahaan pers yang diinginkan. "Dunia pers itu kompetitif. Jadi, yang mahir menulis yang akan mudah memasuki dunia yang paling asyik dan menyenangkan itu.”  

"Asyik dan menyenangkan di sini maksudnya, setiap hari seorang wartawan akan menemukan hal-hal baru, orang-orang baru yang menjadi narasumber, hingga kunjungan ke daerah baru yang jarang didatangi," jelasnya.

Subhan menambahkan, ketika menjadi wartawan ada banyak tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, seorang wartawan harus memiliki mental yang kuat, ketekunan dan kesabaran untuk menembus objek berita.

Salah seorang peserta, Surya menyatakan antusiasnya mengikuti pelatihan itu, karena memberikan banyak manfaat. “Saya semakin memahami, bagaimana kerja seorang wartawan,” katanya.

Peserta lainnya, Miftahul Jannah,menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah mengangkat acara itu. Sebab materi yang disampaikan ikut menambah soft skill yang dimilikinya. "Semoga acara serupa dapat diadakan lagi di lain waktu," harapnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:nasional,