Disnakertrans Siap Kegiatan Sambut Hari Buruh Sedunia

Disnakertrans Siap Kegiatan Sambut Hari Buruh Sedunia

Konpers Mayday 2015. (Foto:Ilham Wibowo)

Bandung - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat menyiapkan kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day di Jawa Barat pada tanggal 1 Mei 2015.

"Akan ada kegiatan pra dan pascaMayDay di Jawa Barat. Itu semua kami siapkan agar buruh lebih positif mengisi May Day," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Hening Widyatmoko, di Bandung, Rabu (29/4/2015).

Menurut dia, peringatan May Day tahun ini merupakan tahun kedua diberlakukan sebagai hari libur nasional sehingga sejumlah antisipasi telah disiapkan oleh pihaknya buruh tidak hanya sibuk melakukan demonstrasi.

"Tanggal 7 Mei nanti kami akan menggelar sebuah seminar khusus yang akan meningkatkan kapasitas buruh dalam melakukan negosiasi kepada para pengusaha, di Gedung Disnakertrans Jabar Bandung," kata dia.

Ia menuturkan, kemampuan bernegosiasi memiliki peran yang cukup penting bagi buruh supaya tuntutan mereka bisa diterima oleh para pengusaha.

"Kami akan memberikan mereka ilmu tentang teknik untuk bernegosiasi, karena buruh dan pengusaha merupakan partner," katanya.

Dikatakan dia, hingga saat ini pihaknya belum memiliki data resmi soal jumlah buruh yang akan berunjuk rasa karena ini merupakan kewenangan kepolisian.

"Dan baru dipastikan KASBI akan berunjuk rasa di depan Gedung Sate. Dan kami yakin aksi unjuk rasa buruh pada 1 Mei mendatang tidak akan terlalu mengganggu mengingat aktivitas perkantoran akan libur," ujarnya.

Pihaknya berharap kepada buruh untuk memanfaatkan May Day sebagai ajang introspeksi diri bahwa perjuangan yang selama ini telah berhasil meningkatkan kesejahteraan kaum buruh.

"Kalau menurut kami Peringatan May Day bukan ajang hura-hura. Yang lebih penting mencari solusi bagaimana meningkatkan kesejahteraan buruh. Apa artinya melakukan demo jika tanpa hasil," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,