Berikan Hak yang Sama bagi Anak Disabilitas

Berikan Hak yang Sama bagi Anak Disabilitas

Project Manager Save the Childern, Wiwied Trsinadi di Riung Panyileukan Cibeunying Selatan Bandung.(Putri)

Bandung - Keberadaan program RBM mendapat sambutan dari Save the Children, sebuah organisasi nonprofit internasional yang fokus pada isu anak. Saat ini, Save the Children telah mendukung program di 6 kabupaten, yaitu Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Kegiatan RBM pada keenam kota/kabupaten itu mencakup 193 desa di 57 kecamatan.
 
Project Manager Save the Childern, Wiwied Trsinadi mengungkapkan, pendamping terbaik bagi anak disabilitas yaitu keluarga. Namun sebenarnya keluarga saja tidak cukup. Seharusnya program RBM ini sudah digunakan sejak anak usia dini.
 
"Seharusnya posyandu sudah melakukan pendekatan, sehingga anak sudah dilatih sejak dini. Jika hal ini dilakukan sejak posyandu cita-cita itu pasti tercapai, dan kepekaan orangtua seharusnya lebih ditingkatkan lagi," Wiwied saat ditemui di Riung Panyileukan Jln. Cibeunying Selatan Bandung, Kamis (30/4/2015).
 
Wiwied juga mengungkapkan,10 persen anak disabilitas mengalamai abuse, kekerasan, di mana pelaku kekerasan ini dilakukan oleh orang terdekat mereka. Selain itu sebaiknya hak anak disabilitas ini di sama ratakan, sayangnya tantangan anak disabilitas ini biasanya malah terabaikan. 
 
"Tolong bantu keluarga yang punya anak disabilitas, supaya mempunyai hak yang sama. Saat ini semua sekolah sudah menerima anak disabilitas," ujarnya.
 
Namun masih banyak keluarga yang tidak mau membawa anaknya ke sekolah. Menurut Wiwied, hal itu dikarenakan terlalu sayangnya orangtua, tetapi malah menjadi menyembunyikan anaknya. Seharusnya sebagai orangtua harus bisa memberikan kepercayaan pada anak.
 
"RBM menjadi support system, mitra bagi keluarga dan anak. Kader RBM juga mampu menjangkau anak-anak, yang selama ini disembunyikan oleh keluarga. Ini sangat membantu pemerintah, sehingga tidak ada lagi anak yang diabaikan haknya karena disembunyikan," ujarnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,