Gubernur Siap Jadi Saksi Korupsi Stadion GBLA

 Gubernur Siap Jadi Saksi Korupsi Stadion GBLA

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.(Net)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menyatakan siap menjadi saksi jika Tim Direktorat Tindak Pidana Tipikor Bareskrim Mabes Polri memintai keterangan darinya terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api.

"Enggak masalah, no problem (jadi saksi). Dimintai keterangan, kan bantuannya memang dari provinsi. Jadi wajar saja ada keterangan dari gubernur, bantuan dari provinsi," kata Aher di Gedung Sate Bandung, Kamis.

Pemprov Jawa Barat, menurut dia, hanya sebagai pihak yang memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan stadion yang terletak di Kecamatan Gedebage Kota Bandung tersebut.

"Kan bantuan, kalau tidak ditandatangani oleh provinsi enggak jadi (cair), enggak ada bela kalau enggak ada tanda tangan gubernur. Enggak masalah, karena yang bertanggung jawab itu kan yang menggunakan anggarannya," kata dia.

Ia menuturkan, gubernur selaku pemberi anggaran tidak harus bertanggung jawab jika yang melakukan kesalahan adalah pengguna anggaran.

"Kalau yang salah itu, yang di bawah, terus gubernur yang bertanggung jawab. Maka semua gubernur bisa masuk penjara semuanya. Enak banget, yang pencairan gubernur, yang menggunakan di bawah, ketika ada pertanggungjawaban, yang disalahkan malah gubernur, semuanya akan kena," kata dia.

Bareskrim Mabes Polri akan memeriksa Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher dan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada, kata Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso ketika melakukan pengecekan kondisi fisik dan struktur bangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, di Kecamatan Gedebage Kota Bandung, Kamis (30/4/2015).

"Jika sebagai saksi karena penanggung jawab daerah, iya. Maka Kami akan mintai keterangan dari beliau-beliau (Aher dan Dada Risada) sebagai penanggung jawab," kata Budi Waseso.

Ia mengatakan, keterangan dari Aher dan Dada sangat diperlukan terutama untuk mengetahui seluk beluk atau awal perencanaan pembangunan dan siapa yang mengambil keputusan membangun stadion tersebut. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,