Polri Berencana Panggil Gubernur Jabar

Polri Berencana Panggil Gubernur Jabar

Badan Reserse Kriminal Mabes Polri

Bandung - Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Budi Waseso menyatakan akan memanggil kepala daerah yakni Gubernur Jawa Barat dan mantan Wali Kota Bandung untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Kalau sebagai saksi nanti, iya, karena penanggung jawab kepala daerah," kata Budi Waseso usai meninjau Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (30/4/2015).

Ia menjelaskan, pemanggilan itu untuk menanyakan langsung perencanaan awal mula pembangunan stadion bertaraf internasional itu.

Menurut dia, pembangunan tersebut tentunya diketahui dan disetujui oleh kepala daerah juga DPRD.

"Ingin tanya bagaimana perencanaan stadion ini. Awal mula berdiri dan keputusan-keputusan. DPRD juga kita mintai (keterangan) karena pasti ada persetujuan," katanya.

Ia mengungkapkan, proses hukum kasus korupsi itu sudah berjalan, dan masih sebatas pemeriksaan kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jabar.

Pengembangan selanjutnya, kata dia, bisa saja memintai keterangan dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada yang telah memimpin dua periode itu.

"Dibuat itu apakah sesuai fisik yang ada di sini atau tidak," katanya.

Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim telah menetapkan tersangka Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan stadion utama GBLA.

Stadion yang rencananya akan digunakan untuk upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jawa Barat ini diresmikan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Mei 2013.

Mabes Polri dan Polda Jabar masih melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan korupsi terhadap pembangunan stadion yang menelan anggaran hingga Rp1,1 triliun itu. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:kriminal,