Peringatan Hari Buruh di Cimahi Berlangsung Aman

Peringatan Hari Buruh di Cimahi Berlangsung Aman

Cimahi - Massa dari sejumlah organisasi buruh yang menggelar aksi peringatan hari buruh di Kota Cimahi, Jumat (1/5/2015), berlangsung aman, kata Kepala Polres Kota Cimahi AKBP Dedy Kusuma Bakti.

"Sejauh ini situasi di wilayah Cimahi masih kondusif," kata Kapolres kepada wartawan di Cimahi.

Ia mengatakan, pengamanan untuk hari buruh 1 Mei itu diterjunkan sebanyak 498 personel tersebar dibeberapa titik kawasan industri di Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Selain itu, sejumlah personel disiagakan di kawasan rawan kemacetan serta ditugaskan pengawalan jalan raya bagi massa aksi yang konvoi menggunakan kendaraan bermotor.

"Personel juga kita tempatkan di pintu tol seperti Padalarang dan Baros," katanya.

Kapolres mengatakan, pengawalan juga dilakukan bagi massa aksi yang hendak menuju Gedung Sate, Kota Bandung untuk menggelar aksi dengan buruh lainnya.

Pihaknya sengaja melakukan pengawalan massa buruh dari Cimahi itu agar selama di perjalanan aman dan tertib.

"Kita lakukan pengawalan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pengrusakan, atau gangguan terhadap pengendara lain, juga untuk menghindari kemacetan," katanya.

Aksi buruh dari berbagai industri di Kota Cimahi itu digelar di Gedung Sate, untuk menyampaikan berbagai persoalan dalam mewujudkan kesejahteraan buruh.

Koordinator Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Cimahi Bren Minardi, mengatakan, buruh yang ikut aksi ke Gedung Sate berjumlah seribuan orang "Kami mengusung tentang isu pemerintah dan DPR telah membegal kesejahteraan rakyat, kemudian tuntutan lainnya tentang kenaikan upah, penghilangan sistem outsourching," kata Bren. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:cimahi,