Aceh Tuan Rumah Pasar Wisata Indonesia 2014

Aceh Tuan Rumah Pasar Wisata Indonesia 2014

Aceh Tuan Rumah Pasar Wisata Indonesia 2014

Jakarta - Banda Aceh menjadi tuan rumah ajang Tourism Indonesia Mart & expo atau Pasar Wisata Indonesia 2014 pada 23-26 Oktober 2014. Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Esthy Reko Astuty di Jakarta, Rabu (15/10/2014), mengatakan pihaknya mendukung pelaksanaan TIME yang diselenggarakan Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) dan Pemda Provinsi Aceh. "TIME merupakan satu-satunya ajang pertemuan business to business antara industri pariwisata Indonesia dan mancanegara.

Ajang ini memungkinkan pelaku pariwisata Indonesia menjadi seller yang mempromosikan produk dan jasa wisata di Indonesia kepada industri pariwisata mancanegara sebagai buyer," kata Esthy. Ia meminta, Pemprov Aceh sebagai tuan rumah memanfaatkan momentum kegiatan itu untuk mempromosikan potensi pariwisatanya. Menurut Esthy, penyelenggaraan TIME sejalan dengan program pemerintah dan branding "Wonderful Indonesia. "Acara ini dapat digunakan dalam rangka meningkatkan citra pariwisata Aceh khususnya serta Indonesia pada umumnya di dunia internasional dan bersama dengan industri pariwisata melanjutkan promosi di pasar dunia," katanya.

Chairperson TIME 2014 Meity Robot mengatakan, TIME tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-20 dan Banda Aceh menjadi tuan rumah acara pada 23-26 Oktober 2014 di Hermes Palace Hotel. "Sampai saat ini sudah 66 buyers akan hadir. Mereka dari AS, Afrika Selatan, Australia, Bahrain, Bangladesh, Belanda, Bulgaria, Kanada, Cekoslowakia, Filipina, Indonesia, India, Inggris, Italia, Jerman, Malaysia, Polandia, dan Singapura," katanya. Sementara itu, seller yang sudah mengonfirmasi kehadirannya sebanyak 60 sellers menempati 36 both dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh Reza Fahlevi yang juga Ketua Panitia Daerah TIME 2014 menyatakan siap menjadikan Banda Aceh tuan rumah dalam ajang itu. "Ini bisa menjadi ajang bagi kami untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Aceh kepada dunia internasional dan memposisikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata dunia sekaligus memberikan kesempatan masyarakat kami untuk terlibat dalam membangun pariwisata," katanya. Tourism Indonesia Mart & Expo(TIME) adalah satu-satunya ajang pariwisata di Indonesia yang mengusung konsepbusiness to business (B to B),yaitu mempertemukan pelaku usaha wisata dan industri pendukungnya di Indonesia (seller) untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa wisata di dalam negeri kepada pebisnis wisata darimancanegara (buyer).

TIME telah tercatat dalam kalendar internasional travel martbersama dengan ITB Berlin, WTM London, Arabian Travel Mart (ATM), PATA Travel Mart, ITB Asia, dan lain-lain. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,