Konjen, Kepesertaan dalam "Sial" Kanada Layak Dipertahankan

Konjen, Kepesertaan dalam

Toronto - Konsul Jenderal RI di Toronto Julang Pujianto menilai kepesertaan Indonesia di pameran makanan olahan Salon International de lAlimentation (Sial) Kanada layak dipertahankan, tidak hanya untuk manfaat perdagangan, tetapi juga mempererat hubungan kedua negara.


Julang Pujianto ketika meninjau paviliun Indonesia di hari terakhir pameran makanan olahan "Sial" Kanada 2015 di Toronto, Rabu (29/4)/, mengatakan apa pun hasilnya, apakah Indonesia memenuhi target pemasaran atau tidak, keikutsertaan tahun-tahun berikutnya layak dipertahankan. 

"Turun naik neraca perdagangan atau turun naik capaian target penjualan selama pameran hanyalah salah satu unsur target yang ingin dicapai kedua negara," kata Julang.

Menurut dia, target besar lainnya adalah memperkenalkan Indonesia pada pembeli Kanada khususnya, dan masyarakat negara berlambang daun maple itu pada umumnya. 

Dia melihat hubungan kedua negara semakin erat dan Indonesia semakin dikenal setelah mengikuti serangkaian pameran yang diselenggarakan pemerintah Kanada, juga karena inisiatif Kedutaan atau Konjen RI setiap tahun.

Pada "Sial" 2014 di Montreal jumlah transaksi delegasi Indonesia 3,72 juta dolar AS. Pada "Sial" 2013 di Toronto dengan 12 perusahaan peserta mencatat transaksi senilai 4,5 juta dolar AS.

Anton Suwito dari Dua Kelinci menilai "Sial" Kanada punya keunikan tersendiri karena pengunjungnya tidak ramai, tetapi pengusaha, distributor atau pedagang yang berpotensi menjadi mitra bisnis.

"Saya butuh 1-2 mitra saja, tetapi yang besar dan menguasai jaringan penjualan di kota-kota besar Kanada," ujarnya.

Apresiasi juga diberikan Sherly dari PT Rezeki Inti Artha, produsen ikan macarel kaleng yang dipertemukan dengan empat mitra lokal dan dua diantaranya pengusaha besar di Toronto. 

"Kita tidak hanya diperkenalkan denga sistem pengawasan dan perdagangan di Kanada dalam forum seminar, tetapi juga pada jaringan super market dan dipertemukan dengan calon pembeli di sela pameran," kata Sherly.(Ode)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,