Kerusuhan di Meksiko, Tujuh Tewas dan 15 Terluka

Kerusuhan di Meksiko, Tujuh Tewas dan 15 Terluka

Kerusuhan di Meksiko, Tujuh Tewas dan 15 Terluka

Mexico City  - Tujuh orang tewas dan 15 orang lagi cedera selama kerusuhan di beberapa wilayah di Negara Bagian Jalisco di Meksiko Barat, Jumat pagi tempat pemerintah lokal melancarkan operasi terhadap kartel narkotika.

Dalam satu taklimat, Gubernur Jalisco Aristoteles Sandoval mengatakan kerusuhan itu --termasuk pembakaran bank, pemblokiran jalan, dan pembakaran mobil serta bus-- adalah reaksi dari operasi pemerintah negara bagian terhadap penyelundup narkotika regional.

"Operasi Jalisco bertujuan menangkap semua anggota satu organisasi kriminal," kata surat kabar El Universal, yang mengutip Sandoval, Sabtu (2/5).

Meski gubernur itu tidak menyebutkan nama organisasi tersebut, serangan itu diduga dilancarkan oleh Kartel Generasi Baru Jalisco --yang telah terlibat pertempuran berdarah dengan pemerintah setempat. 
Sandoval mengatakan tujuh korban tewas telah ditemukan pada Jumat, tapi ia tidak menjelaskan kondisi korban.

Sebanyak 15 orang telah ditangkap selama operasi itu dan terjadi empat bentrokan bersenjata. Sekretariat Pertahanan Nasional mengkonfirmasi bahwa tiga prajurit dan seorang petugas polisi tewas, dan 12 tentara cedera dalam bentrokan di ibu kota wilayah tersebut, Guadalajara, dan sebanyak 13 kota besar lain.

Angkutan umum di Guadalajara beroperasi lagi setelah pukul 14.00 waktu setempat, kata surat kabar itu.

Presiden Enrique Pena Nieto berduka atas jatuhnya korban jiwa melaluI Twitter, dan mengatakan, "Saya mengakui keberanian dan dedikasi Pasukan Federal kita dalam mendukung keselamatan rakyat Meksiko."(Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,