21 Oktober, Jokowi Umumkan Menteri

21 Oktober, Jokowi Umumkan Menteri

jokowi,SBY,JK beserta para istri (Foto:Net)

Jakarta -  Postur kabinet Presiden terpilih Joko Widodo akan diumumkan pada tangggal 21 Oktober  2014 mendatang. Postur kabinet tersebut diisi 33 kementerian dengan 4 kementerian koordinator. Komposisi itu sepertinya tidak akan berubah, karena diyakini lewat postur kabinett tersebut pemerintahan akan berjalan dengan baik.

"Sejauh ini tidak berubah lagi, ya segitu," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta Pusat, Rabu (15/10/2014).
Mengapa postur seperti itu yang dipilih, menurut Jokowi dengan 4 kementerian koordinator diyakini akan lebih mengonsolidasikan, sekaligus melaksanakan fungsi pengawasan sejumlah kementerian di bawahnya dengan baik. 
 
Namun, dia mengakui persoalan yang masih tersisa adalah kemampuan dan kompetensi sang menteri koordinator ittu sendiri. "Mau dibuat Menko 10 orang pun, kalau nggak punya kemampuan manajerial ya sulit," tegasnya.
 
Oleh karena itu, Jokowi menekankan pentingnya proses seleksi calon menteri melalui fit and proper test. Proses seleksi calon menteri memang masih berjalan. Namun sejauh ini kandidat menteri sudah mengerucut. Jika sebelumnya lima atau enam nama di satu kementerian, kini telah mengerucut menjadi satu atau dua nama.
 
Sementara itu, dari 33 kementerian di kabinet Jokowi-JK, sebanyak 18 menteri berlatar belakang profesional murni dan 15 orang lainnya dari partai politik. (Jr.)**
.

Categories:Politik,