ESDM Siapkan PLTU Berkapasitas 5.000 Megawatt

ESDM Siapkan PLTU Berkapasitas 5.000 Megawatt

Cilacap - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 5.000 megawatt di Cilacap, Jawa Tengah, masih dipersiapkan.

"Saat ini, mereka (Investor PLTU 5.000 megawatt, red.) masih membebaskan tanah. Biarkan mereka menyelesaikan persiapan di lapangan, terus pada waktunya mereka akan mengajukan izin kepada PLN maupun ESDM," katanya di Cilacap, Minggu (3/5/2015).

Sudirman Said mengatakan hal itu kepada wartawan usai mengunjungi proyek pembangunan kilang RFCC di kompleks Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, proyek pembangunan PLTU Karangkandri 2 berkapasitas 1x660 megawatt di kompleks PLTU Karangkandri, Kesugihan, dan proyek pembangunan PLTU Unit 2 Jawa Tengah berkapasitas 1x660 megawatt di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap.

Ia mengaku kagum atas dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap terhadap sejumlah proyek pembangunan PLTU di Cilacap.

"Pak Bupati (Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, red.) sangat membantu proses pembebasan lahan, alokasi untuk transmisi," katanya.

Dia mengatakan sebagian proyek pembangunan PLTU di Kabupaten Cilacap yang sudah berjalan, yakni PLTU Karangkandri 1 yang dikelola PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

"Sebagian sudah berjalan, punya PT Sumber Segara Primadaya (S2P), sekarang sudah ekspansi, dan kira-kira tahun ini paling lambat sudah COD ('commercial operation date' atau operasi komersial, red.), beberapa titik transmisi sudah dikembangkan dan dibangun," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Manajer Proyek PLTU Karangkandri (PT S2P) Sutikno mengatakan PLTU Karangkandri 2 yang masih dalam tahap penyelesaian itu merupakan perluasan PLTU Karangkandri 1 yang berkapasitas 2x300 megawatt.

"Yang dulu (PLTU Karangkandri 1, red.) berkapasitas 2x300 megawatt, sedangkan yang baru 1x660 megawatt. Bulan Agustus nanti mulai beroperasi," katanya.

Pemerintah memutuskan pengembang listrik swasta, PT Jawa Energi Baru, membangun PLTU berbahan bakar batubara dengan daya 5.000 megawatt di Cilacap, Jawa Tengah.

PLTU tersebut merupakan bagian rencana program pembangunan pembangkit listrik berdaya 35.000 megawatt selama lima tahun, 2015-2020.

Rencananya, proyek pembangunan PLTU 5.000 megawatt berlokasi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap, atau tidak jauh dari PLTU Unit 2 Jateng.

Sebagian besar lahan yang digunakan untuk lokasi pembangunan merupakan milik TNI Angkatan Darat dan Pemerintah Kabupaten Cilacap. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,