Cinta Lingkungan, BOMA Tanam Pohon dan Lepas Burung

Cinta Lingkungan, BOMA Tanam Pohon dan Lepas Burung

Ritual pelepasan burung dan penanaman pohon simbol keseimbangan alam. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung - Acara Pinton Ajen Karancagean atau Festival Budaya Masyarakat Adat Jawa Barat ke-2 yang digagas BOMA (Barisan Olot Masyarakat Adat) Jawa Barat, mempunyai visi untuk menjaga alam agar tetap lestari dengan menonjolkan kearifan lokal dan semangat Dasasila Bandung. Hal itu ditandai dengan simbol penanaman pohon dan pelepasan burung yang dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

 

Dalam acara penanaman pohon tersebut ratusan pohon turut ditanam oleh 500 mahasiswa asal negara Asia Afrika didampingi beberapa pejabat terkait. Penanaman pohon dilakukan di lapangan “Asia Afrika” di bagian atas kawasan Eko Wisata Alam Santosa.

 

Sedangkan untuk pelepasan burung, ada puluhan burung dari jenis puter dan pipit yang dilepas ke alam sebagai simbol kebebasan dan kecintaan kepada alam.

 

Menurut Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, penanaman pohon adalah kegiatan positif dalam menjaga alam dan lingkungan agar tetap hijau.

 

“Program ini sangat bagus apalagi dilakukan oleh 500 mahasiswa asal negara Asia Afrika,” ucap Siti Nurbaya di acara Pinton Ajen Karancagean di Alam Santosa, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung belum lama ini.

 

Sedangkan kata pengaping BOMA Jabar yang juga penanggung jawab acara Pinton Ajen Karancagean, Eka Santosa, gerakan penanaman pohon dan pelepasan burung ke alam bebas adalah simbol kearifan lokal dalam mendukung lingkungan hidup yang seimbang. "Jika di hutan banyak burung bebas berkeliaran makan ekosistem akan seimbang, begitu juga dengan hutan yang tetap hijau untuk kelestarian alam,” katanya.

 

Pelepasan burung dilakukan di venue teater terbuka di Alam Santosa, sedangkan penanaman pohon dilakukan di lapangan Asia Afrika di bagian atas kawasan Alam Santosa. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,