Gubernur Berharap Sekolah Seperti Taman Siswa

Gubernur Berharap Sekolah Seperti Taman Siswa

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (Foto : ADE)

Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) berharap keberadaan sekolah saat ini seperti Sekolah Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara di Yogyakarta pada tahun 1922.

"Dalam sambutan Pak Anies Baswedan tadi diutarakan bahwa mari jadikan sekolah itu sebagai taman bukan sekolah, Kalau taman kan membahagiakan," kata Aher usai memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional, di Gedung Sate Bandung, Senin (4/5/2015).

Konsep Taman Siswa yang diusung oleh Bapak Pendidikan Indonesia tersebut, menurut dia, membuat siswa betah dan nyaman selama menimbah ilmu di sekolah.

"Jadi siswa itu ketika masuk sekolah, belajar, mereka riang gembira. Pulang berat hati karena harus meninggalkan sekolahnya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar sekolah saat ini harus tampil demikian yakni menjadi tempat menempa membangun karakter generasi muda.

Pihaknya juga sepakat dengan pendapat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tentang konteks pendidikan saat ini yakni untuk membangun pendidikan itu bukan dengan membuat program, tapi dengan cara pandang membangun sebuah gerakan.

"Gerakan ini dilakukan bersama dengan masyarakat, jadi terlibat semuanya. Ya gurunya, orang tua, murid, pemerintah, swasta, semua berhutang budi pada pendidikan," ujarnya.

Menurut dia, jika hal tersebut telah dilakukan maka akan muncul generasi muda yang terdidik dan tercerahkan secara pendidikan.

"Dan mereka-mereka adalah kunci untuk kemajuan sebuah bangsa," ujarnya.

Pada momentum Hari Pendidikan Nasional kali ini ia juga mengajak semua pihak untuk kembali mengingat jasa-jasa para guru.

"Pernahkah kita tahu siapa yang mengajari anak-anak kita sekarang?. Masa depan tergantung pada pengajaran itu. Oleh karena itu kalau semua terlibat memahami, bagaimana sulitnya mengajar, pembiayaan, itu akan tanggung jawab bersama-bersama," katanya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,