20 Orang Meninggal, Topan Hudhud Terjang Nepal

20 Orang Meninggal, Topan Hudhud Terjang Nepal

20 Orang Meninggal, Tpan Hudhud Terjang Nepa

Kathmandu -   Insiden badai salju tiba-tiba menerjang Nepal hingga menewaskan sekitar 20 orang, termasuk delapan pendaki warga negara asing dan sekelompok pengembala lembu. Badai salju tersebut dipicu oleh munculnya Topan Hudhud.

Menurut tim penyelamat, jumlah korban meninggal bisa bertambah banyak. Sebab, puluhan orang asing dan warga lokal yang berada di wilayah itu masih banyak. Buruknya komunikasi membuat mereka bisa terjebak dalam badai salju.

Pendaki asing teridentifikasi sebagai dua warga Slovakia, dan tiga pemandu dari Nepal yang juga dilaporkan menghilang. Saat pendakian, warga asing memang sering datang ke Nepal yang memiliki delapan gunung tertinggi di dunia, termasuk Pegunungan Everest.

Selama dua hari terakhir, Nepal memang sudah dihantam hujan dahsyat yang diakibatkan adanya topan yang terjadi di sekitar India. Badai salju juga dipicu tingginya cuaca di wilayah tersebut.

Jenazah warga Nepal, dua warga Polandia, dan seorang pendaki Israel ditemukan di salah satu area pendakian terkenal di Thorang-La, dekat Annapurna. Gubernur Wilayah Mustang, Baburam Bhandari, menyatakan gunung tersebut termasuk 10 pegunungan tertinggi di dunia.

“Kami sudah menyelamatkan lima warga Jerman, lima Polandia, dan empat pendaki dari Israel yang terjebak salju dan turun pada Rabu,” kata Bhandari kepada Reuters, Kamis (16/10/2014).

Pihak kepolisian menyatakan, delapan warga Nepal meninggal di Mustang yang merupakan perbatasan dengan Tibet. Wilayah tersebut berada 150 km ke barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, dan daerah tersebut sangat terkenal di antara pendaki asing. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,