Pilkada Serentak Digelar 2015

Pilkada Serentak Digelar 2015

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Menyongsong Pilkada 2015 yang rencananya akan digelar serentak, rapat koordinasi pun dilakukan di Gedung Balai Kartini Jakarta, Senin (4/5/2015) yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  Tjahjo Kumolo.

"Rakor ini dimaksudkan untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholders, untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima CikalNews.com.

Selain itu, lanjut Mendagri, juga untuk menjalankan amanah yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

"Sehingga diharapkan melalui ajang Pilkada serentak tahap pertama ini, didapatkan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkualitas, memiliki kompetensi, integritas, dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas," tukasnya.

Rakor ini difokuskan untuk membahas dan memantapkan persiapan pemerintah dan pemerintah daerah dalam memberikan dukungan secara maksimal kepada KPU, untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak pertama pada  9 Desember 2015 yang akan dilaksanakan di 269 daerah.

Sebagaimana dipahami bahwa secara teknis pelaksanaan pilkada yang bertanggungjawab secara formal adalah KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota dengan jajarannya masing-masing. 

 
Namun pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga berkewajiban dan mempunyai porsi yang signifikan untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak di tahun 2015 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno, menjelaskan sinergitas dan keharmonisan dari seluruh pihak merupakan kunci utama dalam mewujudkan Pilkada serentak yang berkualitas.

"Dengan demikian hal ini merupakan titik pijak bersama untuk mengawal penyelenggaraan pilkada secara serentak di tahun 2015 agar dapat berjalan aman, tertib, dan lancar," beber Menkopolhukam.

Pokok pembahasan dalam rakor adalah hal yang terkait dengan kesiapan regulasi pelaksanaannya, dukungan anggaran dan personil, ketersediaan data kependudukan, dukungan keamanan dan ketertiban, penanganan dan penyelesaian sengketa pemilihan, serta berbagai aspek dukungan lainnya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,