74 Kendaraan Dinas Pemkot Sukabumi Tunggak Pajak

74 Kendaraan Dinas Pemkot Sukabumi Tunggak Pajak

Ilustrasi.(Foto:Net)

Sukabumi - Data Dinas Pendapatan Daerah Jawa Barat wilayah Kota Sukabumi mencatat ada 74 kendaraan dinas milik Pemkot Sukabumi yang masih menunggak membayar pajak.

"Dibandingkan beberapa bulan terakhir jumlah kendaraan dinas yang menunggak pajak turun," kata Kepala Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Jabar Wilayah Kota Sukabumi, Endang Sutardi di Sukabumi, Senin (4/5/2015).

Ia mengatakan awalnya kendaraan yang menunggak mencapai 340 unit, saat ini tingga 74 unit atau sekitar lima persen dari total jumlah kendaraan dinas milik pemkot yakni untuk motor ada 2.996 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 620 unit.

Adapun rincian kendaraan dinas yang belum membayar pajak kendaraan bemotornya yaknu 43 unit motor dan 31 unit mobil dalam proses pembayaran yang merupakan tahun ini jatuh tempo pembayaran pajaknya. Namun, untuk jatuh tempo bayar pajaknya bervariasi sesuai tahun dan bulan digunakannya unit tersebut.

Menurutnya, upaya yang dilakukan agar sadar membayar pajak ini pihaknya kerap melakukan sosialisasi untuk membayar pajak kendaraan dinas baik di lingkungan pemkot, kelurahan, atau kecamatan maupun individu atau perorangan.

Tapi, pihaknya menyebutkan angka kesadaran PNS yang diberi kendaraan dinas sudah bisa dikatakan cukyp baik.

"Kesadaran akan membayar pajak terus kami tingkatkan, karena mayoritas wajib pajak masih perlu diingatkan apalagi saat ini kami sudah menginstruksikan agar setiap pegawai menyisir tiga unit kendaraan yang berpotensi membayar pajak," tambahnya.

Di sisi lain, jumlah kendaraan yang masuk wilayah pelayanan Dipenda Jabar wilayah Kota Sukabumi sebanyak 107.166 unit, namun sekutar 18 ribu kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) atau membayar pajak tahunannya.

Selain itu, pada 2014 target pajak kendaraan Rp35.226.176.000 dengan tingkat realisasi mencapai Rp37.750.221.050. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,