Pendidikan Berkualitas Tanggung Jawab Bersama

Pendidikan Berkualitas Tanggung Jawab Bersama

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi  - Wakil Walikota Cimahi, Sudiarto menyatakan, upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Kota Cimahi adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya urusan pemerintah.

"Pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita, dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua," kata Sudiarto saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Cimahi, Senin (4/5/2015).

Peringatan hari pendidikan di Kota Cimahi dihadiri perwakilan pelajar dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Tema hari pendidikan 2015 itu bertemakan "Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila." Sudiarto dalam sambutannya mengatakan melalui tema tersebut diharapkan pendidikan di sekolah menjadi sebuah proses pembelajaran yang tidak sekedar mengejar kecerdasan, tetapi lebih kepada pendidikan moral dalam membangun generasi berkarakter Pancasila.

Ia menjelaskan, secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab negara, namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik.

"Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama, semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan," kata Sudiarto.

Ia menambahkan, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan, berakhlak mulia, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Menumbuhkembangkan potensi anak didik seperti itu memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pendidikan harus menjadi suatu kegembiraan, pendidikan yang mampu menumbuh kembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berkarakter pancasila.

"Pendidikan ini hanya akan bisa terwujud bila kita semua terus bekerja keras dan makin membuka lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan," katanya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,