Soal Dugaan Korupsi UPS Penyidik Layak Periksa Jokowi

Soal Dugaan Korupsi UPS Penyidik Layak Periksa Jokowi

Jakarta - Presiden Jokowi mengetahui dugaan korupsi pengadaan UPS (uninterruptible power supply) Jakarta pada 2014. Sebab, pada saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Demikian penilaian yang disampaikan Centre for Budget Analysis (CBA).
 
Oleh karena itu, Direktur BCA Uchok Sky Khadafi menilai Jokowi layak diperiksa. Sebagai pimpinan, ia harus mengontrol kinerja bawahannya. "Jokowi juga harus dipanggil. Dia gubernur, pasti punya peran di situ. Jokowi kan terakhir menjabat Gubernur DKI pada 2014,” katanya, Selasa (5/5).
 
Uchok menjelaskan, saat serah terima jabatan dengan Gubernur DKI sekarang, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) Jokowi semestinya memberitahu hal itu. Sebab, amanah yang diemban Jokowi secara otomatis diemban juga sama Ahok. Bareskrim Mabes Polri sendiri sudah berencana memeriksa Ahok. Saat ini penyidik sedang mempersiapkan waktu pemeriksaannya.
 
Sebelumnya, ruang kerja Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Haji Lulung) sudah digeledah. Ia bahkan sudah diperiksa penyidik selama sebelas jam. Terakhir, penyidik juga bakal memeriksa sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI. Bakal ada tersangka baru dalam dugaan korupsi tersebut.
 
Sementara itu, tersangka sebelumnya adalah dua pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan UPS. Yakni Alex Usman dan Zaenal Soleman. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:jokowi,