Stephen Curry Pemain Terbaik NBA

Stephen Curry Pemain Terbaik NBA

Stephen Curry Pemain Terbaik NBA

New York - "Shooting guard" Stephen Curry dari Golden State Warriors, yang mencetak rekor tembakan tiga angka dalam semusim, memenangi penghargaan pemain terbaik NBA untuk musim 2014/2015, kata liga pada Selasa (5/5/2015).

Curry memuncaki daftar perolehan angka, "assist", dan "steal" dalam daftar tim musim reguler NBA, dan menjadi pemain Warriors kedua yang mendapatkan penghargaan itu, bergabung dengan Wilt Chamberlain, yang memenangi penghargaan serupa pada 1959/1960 ketika klub itu masih bermarkas di Philadelphia.

Curry memenangi 100 dari 130 suara untuk peringkat pertama, dari panel yang diisi para penulis olahraga dan penyiar di seluruh AS dan Kanada, serta suara para penggemar yang diambil di NBA.com.

Curry, yang tim Golden Statenya mencatatkan torehan terbaik di liga yakni 67-15 saat menjuarai Divisi Pasifik, mengungguli sejumlah kandidat papan atas.

Berada di daftar lima teratas pada pemungutan suara adalah pemain Houstom Rockets James Harden, pemain Cleveland Cavaliers LeBron James, pemain Oklahoma City Thunder Russel Westbrook, dan Antony Davis dari New Orleans Pelicans.

Curry mencatatkan rata-rata 23,8 angka (urutan keenam di NBA), 7,7 assist (urutan keenam), 2,04 steal (urutan keempat), dan 4,3 rebound per pertandingan.

Guard berusia 27 tahun ini menorehkan 286 tembakan tiga angka, memecahkan rekor NBAnya sendiri yakni 272 yang dicatatkan pada 2012/2013, meraih 44,3 persen kesuksesan dari lemparan jarak jauh, sedangkan catatan tembakan dari keseluruhan lapangan adalah 48,7 persen.

Curry juga memimpin dalam persentase lemparan bebas NBA (91,4), mengonversi 52 lemparan bebas berturut-turut sejak 9 Maret sampai 4 April.

Kerap tampil cukup baik saat bertahan, Curry mencatatkan plus/minus tertinggi dari pemain NBA manapun musim ini. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,