Pasangan Jokowi-JK Berada di Luar Ekspektasi Publik

Pasangan Jokowi-JK Berada di Luar Ekspektasi Publik

Pasangan Jokowi-JK Berada di Luar Ekspektasi Publik

Jakarta - Sudah lebih dari enam bulan Presiden Jokowi berpasangan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam memimpin pemerintahan. Namun, sejauh ini pasangan tersebut dinilai tidak sesuai dengan ekspektasi publik, atau di luar harapan publik.
 
Menurut pengamat politik dari Founder Politica Wave, Yose Rizal sejak awal publik sebenarnya menginginkan JK memunculkan terobosan baru ketika mendampingi Jokowi. Namun sampai saat inipun aksi JK belum terlihat.
 
"Seperti saat berpasangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (presiden keenam RI) dulu. JK menjadikan presiden dan wakil presiden mendapat julukan ‘matahari kembar’. Sekarang itu belum terlihat," katanya, Selasa (5/5/2015).
 
Namun demikian, Yose melihat JK sebetulnya seringkali ingin bertindak cepat. Misalnya, ingin segera menuntaskan kisruh dilantik-tidaknya Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Pada saat itu JK mengatakan, sebaiknya Komjen BG dilantik, namun Jokowi tetap mengatakan tidak.
 
Kemudian kemarin, JK mengatakan reshuffle kabinet segera dilakukan. Ketika ditanyakan kepada Jokowi, pria asal Solo tersebut malah mempersilakan wartawan untuk bertanya kepada JK.
 
"Kendati JK seringkali mengeluarkan pendapat lebih dulu, itu bukan berarti JK sudah kembali seperti dulu ketika berpasangan dengan SBY. Saya rasa Jokowi masih punya power karena lebih punya banyak program, yakni Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan lainnya,” tambah Yose. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:,