Soal BBM dan Politik Picu Ekonomi RI Kian Terpuruk

Soal BBM dan Politik Picu Ekonomi RI Kian Terpuruk

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Terus melemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia akhir-akhir ini, akibat banyak hal mulai dari harga BBM hingga kondisi politik yang semakin konservatif. Kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan menguat, sebelum pemerintah memberikan kepastian kebijakan terkait bidang ekonomi.
"Kemudian, ada lagi kebijakan-kebijakan pemerintah seperti menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang tidak ada kepastiannya. Sehingga, banyak pengusaha pusing karena keuntungannya ter berkurang," kata Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Gerindra Soepriyatno di Jakarta, Rabu (6/5/2015).
Di samping itu, yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun, kata Soepriyatno, yaitu inflasi dan penurunan ekspor. "Harga-harga seperti crude palm oil (CPO) atau industri/komoditas kelapa sawit dan batubara turun terkena imbasnya. Kebijakan pemerintah tidak pro, maka tidak heran jika tidak ada lagi subsidi," ucapnya.
Sebelumnya, harga bahan bakar minyak (BBM) berjenis Premium pada Mei tidak mengalami kenaikan. Tapi untuk Pertamax justru mengalami kenaikan..
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, untuk premium tidak ada kenaikan, tapi untuk Pertamax akan naik di bulan Mei. "Kenaikan Pertamax tidak besar kenaikannya, kita menyesuaikan harganya saja," ucapnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,