Hasil Pengembangan Dana JHT BPJS di Kisaran Dua Digit

Hasil Pengembangan Dana JHT BPJS di Kisaran Dua Digit

Bandung - Hasil pengembangan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan selalu berkisaran dua digit, kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandung I Dharmadi di Bandung, Rabu (6/5/2015).

"Hasil pengembangan Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan selalu dua digit dan di atas bunga deposito bank konvensional dan tabungannya tidak pernah ada potongan pajak maupun administrasi," kata Darmadi.

Dengan demikian, kata dia selain ada jaminan tabungan dari peserta juga bisa memberikan kejutan karena angkanya yang tidak pernah terprediksi oleh peserta sendiri.

Di sisi lain, BPJS ketenagakerjaan juga memberlakukan transparansi tabungan, dimana peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengecek saldonya setiap waktu dan pelayanan secara online.

Lebih lanjut ia menyebutkan BPJS selalu berupaya memberikan perlindungan bagi tenaga kerja seperti yang telah diamanatkan oleh Undang Undang No 24 Tahun 2011, demi mewujudkan kesejahteraan bagi setiap pekerja.

"Khususnya untuk Jaminan Hari Tua, peserta dapat mengambil kembali uangnya sebesar iuran yang dibayarkan beserta dengan hasil pengembangannya," katanya.

Salah satu contohnya BPJS Cabang Bandung I menyerahkan Rp727 juta Jaminan Hari Tua (JHT) kepada karyawan klinik laboratorium Maria Sri Astuti.

"Pemberian santunan Jaminan Hari Tua kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berumur 55 tahun dan dinyatakan pensiun merupakan amanah undang-undang disebutkan bahwa Jaminan Hari Tua dapat diklaim apabila salah satu satu syaratnya telah mencapai usia 55 Tahun dan dinyatakan pensiun oleh perusahaan," katanya.

Santunan tersebut diberikan sebagai bentuk manfaat dari mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Setelah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, setiap tenaga kerja mendapatkan perlindungan dari program BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Maria yang tidak menyangka bahwa saldo Jaminan Hari Tua-nya mencapai Rp728 juta. Menurut dia mendukung penuh program pemerintah tersebut, karena dengan adanya Jaminan Hari Tua setiap pekerja mendapatkan pegangan dan jaminan di saat tua maupun pensiun kelak.

"Beryukur saya dapat menimati manfaat dari programnya terutama di saat saya telah pensiun sekarang dan saya tidak menduga tabungan saya mencapai Rp728 juta," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,