Calon Pimpinan KPK Bebas Pesanan

Calon Pimpinan KPK Bebas Pesanan

Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK, Imam Prasodjo. FOTO ANTARA

Jakarta  - Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK, Imam Prasodjo menegaskan, sama sekali tidak ada intervensi dalam proses seleksi. "Saya bisa pastikan sama sekali tidak ada (intervensi)," kata Imam seusai Panel Caapim KPK bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (16/10).

Menurutnya, pihaknya telah melakukan banyak kajian termasuk independen dan sejak penilaian makalah kompetensi yang tidak dituliskan nama masing-masing calon. Presiden mempercayai sepenuhnya dan berjanji tidak akan "menyentuh" hasil calon yang dipilih Pansel Capim KPK untuk segera diserahkan kepada DPR.

"Tidak ada pesanan apapun," katanya. Pihaknya secara objektif ingin melihat kandidat yang memiliki integritas, independensi, kepemimpinan, dan kapasitas.

Sementara Wakil Juru Bicara Pansel Capim KPK Farouk Muhammad juga mengemukakan SBY segera menandatangani hasil seleksi yang telah dilakukan Pansel. "Tolong DPR jangan mempolitisir karena ini masalah profesional," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memilih calon yang tidak lagi diragukan profesionalitasnya, sehingga tidak masalah siapa yang akan dipilih oleh DPR.

Sebelumnya, SBY segera menyerahkan nama-nama hasil panitia seleksi calon pimpinan KPK, yaitu Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas dan Kepala Bidang Hubungan Internasional Sekretariat Kabinet Robby Arya Brata, kepada DPR. "Saya akan teruskan ke DPR hari (Kamis) ini," kata SBY. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,