Badan Geologi Rekomendasi Evakuasi Korban Longsor

Badan Geologi Rekomendasi Evakuasi Korban Longsor

situasi di lokasi longsor dan ledakan gas di Kampung Cibitung Pangalengan Kabupaten Bandung Rabu (6/4/2015)

Bandung - Peristiwa ledakan gas dan longsor yang terjadi di Kampung Cibitung Pangalengan Kabupaten Bandung, Badan Geologi telah melakukan pemeriksaan melalui tim gerakan tanah dari PVMBG, dalam hal ini tim tersebut bersama tim penanggulangan bencana Kabupaten Bandung menyusun langkah - langkah penanganan bencana di lokasi kejadian tersebut.

Kepala Badan Geologi Surono memaparkan hasil penelitian, yang dilakukan pada tanggal 2 Mei 2015 pihaknya telah merekomendasikan untuk mengevakuasi masyarakat disekitar ledakan gas dan longsor yang terjadi di Pangalengan, ke zona aman.

"Dari penelitian kami pada tanggal 2 Mei 2015 lalu, telah ditemukan mahkota retakan tanah sepanjang 150 meter dan lebar 253 meter dan ada rongga selebar 30 Cm," bebernya kepada wartawan di salah satu rumah makan di Kota Bandung Rabu (6/5/2015).

Berdasarkan penelitian tersebut, menurutnya Badan Geologi ESDM telah memberikan rekomendasi kepada BPBD Kabupaten Bandung agar segera menutup retakan dengan tanah lempung.

"Kami telah menghimbau masyarakat setempat, untuk mengungsi ke tempat aman jika kondisi tersebut terus berkembang, juga masyarakat jangan dulu beraktivitas didaerah tersebut," paparnya.

Dalam hal ini, Surono menegaskan ledakan gas terjadi karena disebabkan oleh longsor dan bukan sebaliknya.

"Ini jelas karena longsor, sehingga menyebabkan ledakan gas," tegasnya.

Menurut informasi yang dihimpun CikalNews.com, esok hari Badan Geologi dan ESDM akan kembali menurunkan tim dan akan melanjutkan penelitian.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,