Walhi, Ada Pengabaian Hingga Timbulkan Ledakan Gas

Walhi, Ada Pengabaian Hingga Timbulkan Ledakan Gas

Situasi terakhir Proses evakuasi di Kampung Cibitung Pangalengan Kabupaten Bandung, dihentikan dilanjutkan esok hari melihat cuaca yang memburuk Rabu sore (6/5/2015).(TrisDoddy)

Bandung - Musibah tanah longsor yang menyebabkan ledakan gas di Kampung Cibitung Pangalengan, Kabupaten Bandung bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
 
"Ada beberapa faktor penyebabnya. Dari hasil pengamatan kami ada sebuah pengabaian dari institusi pemerintah maupun perusahaan. Salah satunya, pihak Perhutani yang tidak melakukan penghijauan di wilayah lokasi itu, yang luasnya kami perkirakan ada lima hektar, serta gundulnya . kawasan tersebut," ungkap Iwank, selaku Staff Advokasi Kebencanaan Walhi Jabar kepada CikalNews.com saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Rabu (6/5/2015) sore.

Bahkan, dirinya mempertanyakan kepada pihak perusahaan Power Plant Star Energy Geothermal Ltd, yang belakangan diketahui melakukan pemindahan pipa tidak membuat early warning terlebih dahulu.

"Kenapa pihak perusahaan mengabaikan terhadap rekomendasi. Setidaknya, sebelum melakukan pemindahan pipa tersebut, mereka terlebih dahulu membuat early warning. Sebagai upaya mitigasi kan harusnya begitu.Termasuk BPBD itu sendiri," paparnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,